Show simple item record

dc.contributor.authorFadila
dc.date.accessioned2024-01-02T03:00:35Z
dc.date.available2024-01-02T03:00:35Z
dc.date.issued2023-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8787
dc.description.abstractKegiatan menggambar merupakan kegiatan yang digemari anak-anak utamanya. Pada gambar anak bisa didapati berbagai keunikan dan menujukkan perkembangan anak pada setiap usianya hal ini sesuai dengan teori perkembangan seni rupa yang dikemukakan Viktor Lowenfeld dan Lambert Brittain. Pada teori tersebut menjelaskan salah satunya tentang masa bagan anak, karya pada masa bagan merupakan karya transisi dari seni murni dan terpengaruh oleh ilmu pengetahuan yang didapat pada masa sekolah, hal ini menjadi unik dan menarik untuk diteliti lebih lanjut. Fokus penelitian ini adalah mengenai analisis hasil karya seni rupa di sekolah dasar berupa hasil kegiatan menggambar di MI Bustanul Ulum Kota Batu khususnya kelas satu sampai kelas tiga yang dilihat dari periodesasi adapun yang diteliti meliputi pembelajaran menggambar dan karakter hasil karya gambar anak berdasarkan teori perkembangan seni rupa Viktor Lowenfeld dan Lambert Brittain pada masa bagan. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian yang akan dilakukan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar juga menganalisis gambar siswa berdasarkan teori perkembangan seni rupa Viktor Lowenfeld dan Lambert Brittain. Dalam peneltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis kajian gambar teori Edmud Burke Feldman “Analisis Gambar Masa Bagan Anak (Schematic Periode) Teori Perkembangan Seni Rupa Viktor Lowenfeld dan Lambert Brittain” merupakan salah satu bentuk usaha dalam meneliti nilai-nilai keindahan pada seni gambar anak yang mempunyai karakteristik dalam membentuk goresan, coretan, atau permainan warna berdasarkan teori perkembangan seni rupa anak. Analisis gambar anak yang dilakukan di MI Bustanul ulum didapati bahwa pada masa bagan yang berada di rentang usia 7-9 tahun pada kelas I, II, dan III ternyata memiliki perbedaan mendalam lagi berdasarkan teori perkembangan, dari kelas I yang masih depengaruhi masa prabagan sampai kelas III yang mulai menunjukkan tanda masa realis awal. Dan pembelajaran yang digunakan pada tiap-tiap kelas memiliki perbedaan hal ini mempengaruhi cara berimajinasi siswa. Kata Kunci : Menggambar, Seni Anak, Masa Bagan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMenggambaren_US
dc.subjectSeni Anaken_US
dc.subjectMasa Baganen_US
dc.titleAnalisis Gambar Masa Bagan Anak (Schematic Periode) Teori Perkembangan Seni Rupa Viktor Lowenfeld dan Lambert Brittainen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record