Show simple item record

dc.contributor.authorPuspita, Wyls Ratna
dc.date.accessioned2024-01-02T07:08:06Z
dc.date.available2024-01-02T07:08:06Z
dc.date.issued2023-08-04
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8834
dc.description.abstractBerkembangnya teknologi sangat membantu kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan mudah dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini membuat masyarakat banyak menggunakan aktifitas melalui telepon genggam karena mempermudah dalam segala transaksi mulai dari komunikasi hingga berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang (2) mengetahui pengaruh budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang (3) mengetahui Pengaruh e lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemuda di Kota Malang dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, menyebarkan kuesioner yang telah diuji kepada seluruh kalangan pemuda di Kota Malang, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi berganda, uji f (uji simultan) , uji t (uji parsial) dan Uji koefisien determinasi (Rsquare). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) pengaruh e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang mendapat pengaruh yang cukup signifikan dengan nilai koefisien 4.300. (2) budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang mendapat pengaruh yang tidak signifikan dengan koefisien 0.951 (3) terdapat pengaruh yang diberikan namun tidak dominan pada e lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif dan kontribusi yang diberikan sebesar 27.6%. Kesimpulan hasil penelitian ini yakni terdapat pengaruh antara e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif karena gaya hidup membuat perilaku seseorang menjadi tidak terkontrol sehingga daya beli tidak sesuai dengan kebutuhan karena banyaknya iklan maupun pengaruh dari dunia digital. Selanjutnya budaya digital tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif karena kemajuan era digital dapat digunakan dalam berbagai sektor seperti bekerja maupun pendidikan bukan hanya media sosial dan e-commerce saja. Hasil penelitian pengaruh e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif menunjukkan memiliki pengaruh namun tidak dominan karena banyak faktor yang terjadi diluar e-lifestyle maupun budaya digital.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectE-lifestyleen_US
dc.subjectBudaya digitalen_US
dc.titlePengaruh e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record