View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang

Thumbnail
View/Open
PENGARUH E-LIFESTYLE DAN BUDAYA DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMUDA DI KOTA MALANG.pdf (3.176Mb)
S2_MIA_22202091003_WYLS RATNA PUSPITA.pdf (1.905Mb)
Date
2023-08-04
Author
Puspita, Wyls Ratna
Metadata
Show full item record
Abstract
Berkembangnya teknologi sangat membantu kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan mudah dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Hal ini membuat masyarakat banyak menggunakan aktifitas melalui telepon genggam karena mempermudah dalam segala transaksi mulai dari komunikasi hingga berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang (2) mengetahui pengaruh budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang (3) mengetahui Pengaruh e lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemuda di Kota Malang dan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, menyebarkan kuesioner yang telah diuji kepada seluruh kalangan pemuda di Kota Malang, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi berganda, uji f (uji simultan) , uji t (uji parsial) dan Uji koefisien determinasi (Rsquare). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) pengaruh e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang mendapat pengaruh yang cukup signifikan dengan nilai koefisien 4.300. (2) budaya digital terhadap perilaku konsumtif pemuda di Kota Malang mendapat pengaruh yang tidak signifikan dengan koefisien 0.951 (3) terdapat pengaruh yang diberikan namun tidak dominan pada e lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif dan kontribusi yang diberikan sebesar 27.6%. Kesimpulan hasil penelitian ini yakni terdapat pengaruh antara e-lifestyle terhadap perilaku konsumtif karena gaya hidup membuat perilaku seseorang menjadi tidak terkontrol sehingga daya beli tidak sesuai dengan kebutuhan karena banyaknya iklan maupun pengaruh dari dunia digital. Selanjutnya budaya digital tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif karena kemajuan era digital dapat digunakan dalam berbagai sektor seperti bekerja maupun pendidikan bukan hanya media sosial dan e-commerce saja. Hasil penelitian pengaruh e-lifestyle dan budaya digital terhadap perilaku konsumtif menunjukkan memiliki pengaruh namun tidak dominan karena banyak faktor yang terjadi diluar e-lifestyle maupun budaya digital.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8834
Collections
  • MT - Administrative Science

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group