Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun Melalui Media Audiovisual di TA AL FATTAH
Abstract
Bahasa merupakan simbol bunyi yang digunkan manusia untuk berkomunikasi. Pada penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4 – 5 tahun melalui media audiovisual (laptop dan soundtape). Kemampuan bahasa pada anak usia 4 – 5 tahun masih rendah. Dari 15 siswa, hanya 3 anak yang mampu menceritakan kembali cerita yang didengar dengan kalimat sendiri serta mampu menjawab pertanyaan, 5 anak memiliki kemampuan menjawab pertanyaan, dan 7 anak lainnya masih membutuhkan bimbingan dalam bercerita dan menjawab pertanyaan.
Tujuan dari penelitian ini meliputi 1) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4 – 5 tahun di TA AL FATTAH, 2) mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak usia 4 – 5 tahun di TA AL FATTAH melalui media audiovisual.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian 15 siswa kelompok A2 di TA AL FATTAH. Tenik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur dalam penelitian ini ada 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan dari kegiatan prasiklus yang hanya 20% meningkat pada siklus I secara keseluruhan mencapai 40%. Pada siklus 2 memperoleh hasil peningkatan 86,66% dengan kritera 13 anak Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4 – 5 tahun.
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Media Audiovisual