Show simple item record

dc.contributor.authorMidayanti, Adinda
dc.date.accessioned2024-01-04T01:05:40Z
dc.date.available2024-01-04T01:05:40Z
dc.date.issued2023-11-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8842
dc.description.abstractSalah satu hasil dari pendidikan di sekolah adalah prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa sebagaimana tingkat kemampuan yang dimiliki siswa dalam menerima, dan menilai informasi yang sesuai dengan tingkat keberhasilan dalam mempelajari materi pelajaran. Prestasi belajar merupakan sebuah hasil belajar yang ditampakkan oleh siswa dalam mengerjakan tugas belajar berdasarkan kemampuan internal yang diperoleh sesuai dengan tujuan belajar. Walaupun prestasi yang diperoleh oleh siswa kelas V MI Islamiyah Tempursari terbilang bagus, masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk membimbing para siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dengan melakukan pendekatan-pendekatan khusus dan melakukan inovasi metode pembelajaran serta melengkapi fasilitas belajar, dapat diprediksi prestasi belajar akan terus meningkat. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif tentang perilaku dan kata-kata tertulis atau lisan dari individu yang diamati dikumpulkan melalui metode penelitian kualitatif. Sumber data yang di pakai dari data primer dan sekunder. Data primer data yang diperoleh langsung dari lapangan atau tempat penelitian, misalnya hasil wawancara atau observasi di lapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Memahami materi dalam penyampaian materi guru harus mampu secara mendalam mengenai materi yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga guru disaat menyampaikan materi pelajaran guru dapat dengan jelas, pembelajaran menjadi menarik, dan mudah dipahami oleh siswa. 2. Mempunyai strategi Pembelajaran, guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa, guru harus mampu memahami cara belajar siswa dan menyediakan pendekatan yang berbeda-beda agar semua siswa dapat terlibat dan berhasil dalam tercapainya prestasi disaat pembelajaran. 3. Memberikan motivasi sebelum melaksanakan pembelajaran, sebelum mengawali pembelajaran guru memberikan motivasi terhadap siswa, sehingga siswa dapat semangat, dan memiliki suka terhadap ilmu pengetahuan yang akan diajarkannya. 4. Guru melakukan evaluasi dalam pembelajaran yang telah diajarkan kepada siswa. Guru berperan dalam menilai kemajuan belajar siswa secara berkala dengan memberikan umpan balik untuk memahami kekuatan dan kelemahan siswa sehingga dapat meningkatan prestasi pada pembelajaran. 5. Komunikasi guru dan orang tua, peran orang tua sangatlah penting dalam prestasi pembelajaran pada siswa dengan melakukan Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam menyelaraskan upaya pendidikan di sekolah dari rumah, sehingga dapat mendukung prestasi siswa secara optimal. Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan, Prestasi Belajaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectMeningkatkanen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePeran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di MI Islamiyah Tempursari Lumajangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record