Show simple item record

dc.contributor.authorArivoriza, Lidia Gita
dc.date.accessioned2024-01-08T01:38:28Z
dc.date.available2024-01-08T01:38:28Z
dc.date.issued2023-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8854
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa SD/MI yang kurang menyadari akan pentingnya membaca, siswa kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca siswa SD/MI, sehingga minat baca siswa rendah. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi yang sesuai dan tepat dari guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa SDN Kunir Kidul 04? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswaSDN Kuir Kidul 04? (3) Bagaimana faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswaSDN Kunir Kidul 04? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Dasar Negeri Kunir Kidul 04. Sumber daata yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa dan juga dokumen sekolah. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam bentuk-bentuk strategi. Guru merencanakan itu mulai dari memperkenalkan buku-buku ke peserta didik, memberi motivasi atau dorongan ke peserta didik tentang pentingnya membaca, memberi tugas meresume mencakup 5W+1H, membuat pertanyaan yang jawabannya ada di materi, mencari kliping atau artikel terkait materi yang diajarkan, dan ada kerjasama antara guru dengan orang tua siswa. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam pelaksanaan yang guru lakukan sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan yaitu guru memberikan tugas meresume, membuat kliping, membuat pertanyaan dan mendorong siswa untuk bercerita tentang apa yang telah di dengar atau di bacanya. (3). Faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya variasi buku, minimnya koleksi buku yang ada di kelas-kelas, dan masih ada siswa yang belum bisa membaca. Kata Kunci : Strategi, Guru, Minat Baca, Siswa, Sekolah Dasaren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectMinat Bacaen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.titleStrategiI Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kunir Kidul 04en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record