Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Kedisiplinan Siswa di SMA Islam Almaarif Singosari

Show simple item record

dc.contributor.author Awalurizki, Mar’atus Sholekha
dc.date.accessioned 2024-01-08T01:43:16Z
dc.date.available 2024-01-08T01:43:16Z
dc.date.issued 2023-08-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8859
dc.description.abstract Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Titik Susanti, S.Pd selaku Kepala Sekolah (05/04/2023) yang mengatakan bahwa “setiap lulusan harus membekali keterampilan di bidang Akademis (kegiatan belajar mengajar, kompetisi intern seperti; olimpiade, seni, classmeeting), Bahasa dan Ilmu Teknologi, Ilmu Spiritual yang lebih intens untuk pembinaan ubudiyah melalui sholat berjama’ah, sholawat Nabi, program BBQ yang bekerja sama dengan PIQ Singosari, pondok ramadhan”. Beliau juga mengatakan bahwa “peran guru akan menentukan anak didik menjadi berkualitas dengan cara mengirim guru untuk mengikuti diklat S2, komunitas Kabupaten Malang, serta diskusi melalui evaluasi sebagai kebijakan”. Pengembangan diri yang dilakukan oleh SMA Islam Almaarif Singosari, dapat melalui program bimbingan belajar yang merupakan program tambahan yang diwajibkan untuk siswa. Program ini bertujuan agar siswa mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah belajar, serta siswa dapat mandiri dalam proses belajarnya untuk mencapai kemandirian dan perkembangan yang optimal. Pendekatan dan jenis penelitian yang saya gunakan adalah jenis penelitian kualitatif, karena peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui pencarian data kepada subyek atau informan sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Manumbuhkan Sikap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Almaarif Singosari. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, karena peneliti ingin lebih mengetahui dan mendiskripsikan keadaan sebenarnya di lapangan atau tempat penelitian. Berdasarkan temuan yang dilakukan oleh peneliti, guru memegang peran penting dan menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran untuk mentransfer berbagai hal kepada peserta didik dan merupakan peletak dasar dari perubahan sistem pembelajaran berbagai jenis pendidikan. Sebagai guru yang baik haruslah memiliki keikhlasan di dalam hatinya supaya ilmu yang diajarkan lebih bermanfaat. Peran guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berpengaruh pada seluruh siswa di SMA Islam Almaarif Singosari. Berdasarkan kesimpulan peneliti. Peran guru adalah orangtua kedua yang harus sayang kepada muridnya dan mereka dianggap seperti anak sendiri. Sebagai guru yang baik haruslah memiliki keikhlasan di dalam hatinya supaya ilmu yang diajarkan lebih bermanfaat. Peran guru Pendidikan Agama Islam sangatlah berpengaruh pada seluruh siswa di SMA Islam Almaarif Singosari. Kata Kunci: Peran guru, Berkualitas, Mandiri, Pengembangan Optimal en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran guru en_US
dc.subject Berkualitas en_US
dc.subject Mandiri en_US
dc.subject Pengembangan Optimal en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Kedisiplinan Siswa di SMA Islam Almaarif Singosari en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account