Show simple item record

dc.contributor.authorBachsin, Nor Kamila
dc.date.accessioned2024-01-08T01:50:08Z
dc.date.available2024-01-08T01:50:08Z
dc.date.issued2023-10-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8862
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang peranan guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang. (2) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang. (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat guru PAI terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2023 di SMP Negeri 13 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data premier dan sekunder. Metode analisi data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang cukup baik dilihat dari cara mereka bersosialisasi atau beradaptasi dengan teman-temannya, kemudian respon mereka terhadap persoalan yang mereka hadapi yang terjadi disekitarnya,toleransi beragama dan ibadah keseharian bisa dikatakan sangat baik. Namun ketika dilihat dari sisi kemampuan mengenal diri, pendirian kuat, memiliki tujuan hidup dan enggan menggangu teman bisa dikatakan masih rendah karna faktor usia masih labil. (2) Peran guru pendidikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 13 Malang. Guru PAI telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang guru, dimana mereka telah melakukan beberapa peran yang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang guru seperti mengelol kelas, membimbing, memotivasi, serta mengevaluasi siswa, tinggal bagaimana pengaplikasian dari siswa dari apa yang telah diterima dari gurunya untuk mengembangkan kecerdasan spiritual. (3) Ragam faktor pendukung yaitu: Adanya kerja keras guru dalam memotivasi siswa untuk berakhlak baik, Adanya sifat teladan guru yang dicontohkan kepada siswa, adanya aturan yang harus mengatur siswa disekolah, adanya kesadaran siswa dalam menerima materi yang diberikan oleh guru baik didalam kelas maupun diluar kelas, adanya kerja sama antara guru dengan kepala sekolah disekolah salah satunya adalah menerbitkan jadwal kontrol shalat berjamaah, serta mendisplinkan siswa dalam berbagai aspek, adanya fasilitas yang memadai serta mendukung proses pembelajaran dalam meningkatkan kecerdasan siswa. Faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan siswa di SMP Negeri 13 Malang : Kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan bimbingan dan pengawasan kepada anaknya ketika berada di lingkungan keluarganya, banyaknya siswa yang terkadang menganggap reme terhadap tata tertib yang ada di sekolah, banyak siswa yang belajar agama hanya mengejar nilai sehingga tidak menerapkan apa yang di ajarkan dalam kesehariannya. Kata kunci: Guru, Kecerdasan Spiritual dan Siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectKecerdasan Spiritualen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Negeri 13 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record