Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMP Modern Al- Rifa’ie

Show simple item record

dc.contributor.author Tiawan, Dimas Fajar Tris
dc.date.accessioned 2024-01-08T01:50:30Z
dc.date.available 2024-01-08T01:50:30Z
dc.date.issued 2023-10-03
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8864
dc.description.abstract Akhlak atau sistem perilaku ini terjadi melalui satu konsep atau seperangkat pengertian tentang apa dan bagaimana sebaiknya akhlak itu harus terwujud. Konsep atau seperangkat pengertian tentang apa dan bagaimana sebaiknya akhlak itu, disusun oleh manusia di dalam sistem idenya. Akhlak atau sistem prilaku dapat dididikan atau diteruskan melalui sekurang-kurangnya dua pendekatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan melibatkan orang lain, perpanjang waktu dan triangulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan agama islam dalam pembentukan akhlak di SMP Modern Al-Rifa’ie kecamatan Gondanglegi kabupaten Malang, dengan fokus penelitian yang terdiri atas: 1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam pembentukan akhlak di SMP Modern Al-Rifa’ie ; 2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam pembentukan akhlak di SMP Modern Al-Rifa’ie ; 3) Bagaimana hasil guru PAI dalam pembentukan akhlak di SMP Modern Al-Rifa’ie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam melakukan pembinaan akhlak peserta didik, guru menggunakan pendekatan individual dan kelompok. Pendekatan secara individual dengan menumbuhkan kebiasaan berakhlak baik. Sedangkan pendekatan kelompok dengan adanya shalat berjama’ah, peringatan-peringatan Hari Besar Islam, kultum ramadhan, serta peraturan tentang kedisiplinan dan tata tertib sekolah (2) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak peserta didik yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, cerita, nasehat, dan ganjaran (3) Dari hasil pembentukan akhlak siswa ini sudah ada perkembangan yang dialami oleh siswa berkat program-progam yang dilakukan oleh guru yang ada disekolah serta adanya pengawasan dari guru sekolah dan juga pengawasan dari pengurus yang ada diasrama. Kata Kunci : Peran Guru, Pembentukan, Akhlak Siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pembentukan en_US
dc.subject Akhlak Siswa en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMP Modern Al- Rifa’ie en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account