Studi Alternatif Perencanaan Beton Komposit pada Jembatan Overpass Pile Slab Kotawaringin Lama Provinsi Kalimantan Tengah
Abstract
Pembangunan jembatan merupakan salah satu sarana untuk mempermudah trasportasi di suatu pulau. Proyek jembatan Overpass Pile Slab merupakan salah satunya, di mana terbentang sepanjang ±5 kilometer dan diklasifikasikan dengan section I sepanjang 1 kilometer, section II sepanjang 2 kilometer, dan section III sepanjang 2 kilometer untuk menghubungkan antara kota Pangkalan Bun dan Kecamatan Kotawaringin Lama.
Pada penelitian ini saya akan membahas salah satu section jembatan tersebut, dimana lokasinya berada pada daerah kecamatan Kotawaringin Lama dan melintasi jalan Pangkalan Bun yang merupakan salah satu jalan di daerah tersebut. Dalam penelitian ini saya akan menggunakan alternatif perencanaan komposit yang beracuan pada SNI- 1725;2016, RSNI T-02;2005, SNI-1729;2015, SNI-02-1762;2012 dan LRFD (Load
Resisten Factor Design).
Dari hasil penelitian didapatkan: beban mati sendiri : 5 kNm, beban sendiri gelagar: 30,375 kNm, distribusi beban “D”: 95,167 kNm, beban truck “TT”: 351,563 kNm, beban angin: 37,785 kNm. Dimensi tulangan lantai kendaraan menggunakan mutu beton fc’ = 50 Mpa dengan tebal plat beton: 0,20 m atau 200 mm, dan menggunakan tulangan rangkap D16 - 100 mm. Dimensi gelagar tinggi 900 mm, lebar sayap atas bawah 300 mm, tebal badan 16 mm, dan tebal sayap 28 mm. Pondasi yang dipakai adalah pondasi tiang pancang dengan kedalaman 18 m, diameter luar 500 mm dan jumlah tiang pancang total adalah 12 buah. Dengan dimensi pile cap 9500 mm searah tegak lurus sumbu longitudinal dan 3500 mm searah sumbu longitudinal.
Kata Kunci: Studi Alternatif, Jembatan Pile Slab, Komposit, Tiang Pancang