dc.description.abstract | Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan
pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi
anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara
yang baik. Adapun kriteria manusia yang baik, warga masyarakat yang baik, dan
warga negara yang baik bagi suatu masyarakat atau bangsa, secara umum nilai-nilai
tersebut terdapat pada sumber utama pijakan dan pedoman manusia yaitu Al Quranul karim dan Sunnah Nabi yang harus dikaji lantas diimplementasikan dalam
kehidupan sehari-hari. Pesantren merupakan model pendidikan klasik yang
berupaya mengantarkan anak didiknya berhasil dalam meraih kehidupan dunia dan
akherat melaui strategi ta’lim dan ta’dib dalam membentuk karakter manusia yang
baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis sufi
di Pondok Pesantren Darussa’adah Gubugklakah Poncokusumo Malang, mulai dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi penilaian hasil
pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Jenis Studi kasus,
sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari jawaban ketika
wawancara dan data sekunder dan data lain yang berhubunbgan dengan penelitian.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan metode reduksi data (kondensasi),
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1.Perencanaan pendidikan Islam
berkarakter Sufi pada pembelajaran di Pesantren Darussa’adah Gubugklakah
Poncokusumo Malang yaitu mencakup : kurikulim pesantren, strategi, perangkat
pembelajaran 2. Pelaksanaan Pendikan Islam Berkarakter Sufi di Pesantren
Darussa’adah Gubugklakah Poncokusumo Malang dengan menggunakan Metode
ta’lim dan ta’dib dua Metode yaitu ta’lim dan ta’dib. Pendekatan Metode ta’dib
melalui keteladanan, dan Pembiasaan yang digunakan dalam penanaman karakter
sabar yang melahirkan sikap ketenangan pada tubuh dan pikiran, menikmati suatu
proses, menstabilkan tempo dengan lingkungan, gigih, tanggung jawab, disiplin
waktu,taat peraturan. Sedangkan karakter istiqomah melahirkan sikap jujur,
menjaga hati, lisan dan perbuatan dan suka mempelajari hal yang baru.3. Evaluasi
Pendidikan Islam Berkarakter Sufi melalui jenis tes dan non tes. | en_US |