Startegi Pembelajaran Seni Baca Al- untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Pondok Modern Al-Rifa’i)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyani, Desy Dwi
dc.date.accessioned 2024-01-10T07:28:09Z
dc.date.available 2024-01-10T07:28:09Z
dc.date.issued 2023-10-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8945
dc.description.abstract Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada diluar jam sekolah atau jam mata pelajatran. Seni baca Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan pilihan yang diikuti oleh siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni baca Al-Qur’an. Melalui seni baca Al Qur’an minat dan bakat siswa dapat meningkat serta melalui kegiatan ini juga akan melahirnkan seorang qori’ qori’ah yang mumpuni. Dengan seni baca Al-Qur’an diharapkan siswa lebih paham tentang bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar seusai dengan kaidah bacaan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al Rifa’ie Al-Rifa’ie (2) pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al-Rifa’ie (3) evaluasi pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al-Rifa’ie. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan fenomologi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di Pondok Modern Al Rifa’e Pondok Modern Al-Rifa’ie. Sumber data ysng digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang menjadi rujukan untuk pengambilan data dalam penellitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mska penelliti dapat mengambil kesimpulan tentang perencanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan siswa di Lembaga Bahasa dan Ekstrakurikuler Pondok Modern Al-Rifa’ie, sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an di Pondok Modern Al-Rifa’ie sudah dibahas dengan matang pada awal ajaran baru dalam tiap semester. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan tercapainya tujuan. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al Qur’an dilaksanakan seminngu sekali setiap hari senin pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan salam, tawasul, motivasi tentang Al-Qur’an kemudian masuk pada materi. Metode yang digunakan dalam meningkatkan minat dan siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an yaitu metode sima’i. Proses peningkatan minat dan bakat siswa dilakukan dengan cara memberikan banyak praktek melantunkan ayat Al-Qur’an dengan beberapa lagu. Lagu tersebut terdiri dari 7 lagu dan 6 bentuk volume suara dalam seni baca AL-Qur’an. (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an di Pondok Modern Al-Rifa’ie dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan pertama merupakan evaluasi dengan cara melakukan pengukuran peningkatan minat dan bakat siswa melalui proses penilaian yaitu ujian. Tahapan yang selanjutnya yaitu evaluasi kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an melalui tes untuk kerja melalui kegiatan pekan LBE Al-Rifa’ie. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an, en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.title Startegi Pembelajaran Seni Baca Al- untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Pondok Modern Al-Rifa’i) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account