Startegi Pembelajaran Seni Baca Al- untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa di Pondok Modern Al-Rifa’i)
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada diluar jam sekolah atau jam
mata pelajatran. Seni baca Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan pilihan yang diikuti
oleh siswa yang memiliki bakat dalam bidang seni baca Al-Qur’an. Melalui seni baca Al Qur’an minat dan bakat siswa dapat meningkat serta melalui kegiatan ini juga akan
melahirnkan seorang qori’ qori’ah yang mumpuni. Dengan seni baca Al-Qur’an
diharapkan siswa lebih paham tentang bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan baik
dan benar seusai dengan kaidah bacaan Al-Qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an
dalam ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al Rifa’ie Al-Rifa’ie (2) pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam
ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al-Rifa’ie
(3) evaluasi pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam ekstrakurikuler untuk
meningkatkan minat dan bakat siswa di Pondok Modern Al-Rifa’ie.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan
fenomologi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus di Pondok Modern Al Rifa’e Pondok Modern Al-Rifa’ie. Sumber data ysng digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan data sekunder yang menjadi rujukan untuk pengambilan data
dalam penellitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mska penelliti dapat mengambil
kesimpulan tentang perencanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an dalam
ekstrakurikuler untuk meningkatkan minat dan siswa di Lembaga Bahasa dan
Ekstrakurikuler Pondok Modern Al-Rifa’ie, sebagai berikut: (1) Perencanaan kegiatan
ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an di Pondok Modern Al-Rifa’ie sudah dibahas dengan
matang pada awal ajaran baru dalam tiap semester. Hal ini dilakukan untuk menghindari
kegagalan tercapainya tujuan. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al Qur’an dilaksanakan seminngu sekali setiap hari senin pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB.
Kegiatan diawali dengan salam, tawasul, motivasi tentang Al-Qur’an kemudian masuk
pada materi. Metode yang digunakan dalam meningkatkan minat dan siswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an yaitu metode sima’i. Proses peningkatan
minat dan bakat siswa dilakukan dengan cara memberikan banyak praktek melantunkan ayat Al-Qur’an dengan beberapa lagu. Lagu tersebut terdiri dari 7 lagu dan 6 bentuk
volume suara dalam seni baca AL-Qur’an. (3) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler seni baca
Al-Qur’an di Pondok Modern Al-Rifa’ie dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan
pertama merupakan evaluasi dengan cara melakukan pengukuran peningkatan minat dan
bakat siswa melalui proses penilaian yaitu ujian. Tahapan yang selanjutnya yaitu evaluasi
kegiatan ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an melalui tes untuk kerja melalui kegiatan
pekan LBE Al-Rifa’ie.