Show simple item record

dc.contributor.authorFirdausi, Muhamad
dc.date.accessioned2024-01-10T07:28:25Z
dc.date.available2024-01-10T07:28:25Z
dc.date.issued2023-10-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8946
dc.description.abstractMadrasah Aliyah Darussaadah merupakan madrasah yang menerapkan kurikulum 2013. Guru akidah akhlak di madrasah aliyah tersebut telah melaksanakan pengembangan soft skills siswa. Pentingnya strategi guru dalam mengembangkan soft skill siswa tidak dapat diabaikan, karena hal ini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kepribadian positif mereka. Guru perlu memiliki strategi-strategi yang dapat membantu membentuk kepribadian yang baik pada siswa, terutama dalam hal kemampuan komunikasi, kerjasama, serta etika. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan etika (kepribadian) siswa Madrasah Aliyah Darussaadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder berasal dari manusia dan non manusia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode interaktif yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa Madrasah Aliyah Darussaadah diterapkan di dalam dan di luar pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa adalah strategi integrasi soft skills dan strategi pendidikan atau pengulangan (re education), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), serta menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach). 2) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan bekerjasama siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan hanya di dalam pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kerja sama siswa adalah strategi integrasi soft skills, dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran kooperatif (cooperative learning), serta guru akidah akhlak menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach). 3) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan etika (kepribadian) siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan di dalam dan di luar pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan etika (kepribadian) siswa menggunakan tiga strategi sekaligus yakni strategi penularan skills, strategi bujukan (persuasive strategies), dan strategi paksaan (power strategies). Guru akidah akhlak dalam menularkan etika yang baik menggunakan cara penularan role model, message of the week, dan hidden curriculum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectGuru akidah akhlaken_US
dc.subjectsoft skillsen_US
dc.titleStrategi Guru Akidah Akhlak Mengembangkan Soft Skills Siswa Madrasah Aliyah Darussaadah Poncokusumo Kabupaten Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record