Strategi Guru Akidah Akhlak Mengembangkan Soft Skills Siswa Madrasah Aliyah Darussaadah Poncokusumo Kabupaten Malang
Abstract
Madrasah Aliyah Darussaadah merupakan madrasah yang menerapkan
kurikulum 2013. Guru akidah akhlak di madrasah aliyah tersebut telah
melaksanakan pengembangan soft skills siswa. Pentingnya strategi guru dalam
mengembangkan soft skill siswa tidak dapat diabaikan, karena hal ini memiliki
peran yang signifikan dalam membentuk kepribadian positif mereka. Guru perlu
memiliki strategi-strategi yang dapat membantu membentuk kepribadian yang baik
pada siswa, terutama dalam hal kemampuan komunikasi, kerjasama, serta etika.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, menganalisis, dan memberikan
interpretasi tentang strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan
berkomunikasi, kerjasama, dan etika (kepribadian) siswa Madrasah Aliyah
Darussaadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif
kualitatif. Sumber data primer dan sekunder berasal dari manusia dan non manusia.
Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode interaktif yang mencakup
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru akidah akhlak
dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa Madrasah Aliyah
Darussaadah diterapkan di dalam dan di luar pembelajaran, strategi yang digunakan
guru akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa adalah
strategi integrasi soft skills dan strategi pendidikan atau pengulangan (re education), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative
learning), serta menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa
(student centered approach). 2) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan
kemampuan bekerjasama siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan hanya di
dalam pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam
mengembangkan kerja sama siswa adalah strategi integrasi soft skills, dan
menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran
kooperatif (cooperative learning), serta guru akidah akhlak menggunakan
pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach).
3) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan etika (kepribadian)
siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan di dalam dan di luar pembelajaran,
strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan etika
(kepribadian) siswa menggunakan tiga strategi sekaligus yakni strategi penularan
skills, strategi bujukan (persuasive strategies), dan strategi paksaan (power
strategies). Guru akidah akhlak dalam menularkan etika yang baik menggunakan
cara penularan role model, message of the week, dan hidden curriculum.