View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru Akidah Akhlak Mengembangkan Soft Skills Siswa Madrasah Aliyah Darussaadah Poncokusumo Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA.pdf (4.111Mb)
S2_MPAI_22102011032_MUHAMMAD FIRDAUSI.pdf (1.916Mb)
Date
2023-10-18
Author
Firdausi, Muhamad
Metadata
Show full item record
Abstract
Madrasah Aliyah Darussaadah merupakan madrasah yang menerapkan kurikulum 2013. Guru akidah akhlak di madrasah aliyah tersebut telah melaksanakan pengembangan soft skills siswa. Pentingnya strategi guru dalam mengembangkan soft skill siswa tidak dapat diabaikan, karena hal ini memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kepribadian positif mereka. Guru perlu memiliki strategi-strategi yang dapat membantu membentuk kepribadian yang baik pada siswa, terutama dalam hal kemampuan komunikasi, kerjasama, serta etika. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan etika (kepribadian) siswa Madrasah Aliyah Darussaadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder berasal dari manusia dan non manusia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode interaktif yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa Madrasah Aliyah Darussaadah diterapkan di dalam dan di luar pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan komunikasi siswa adalah strategi integrasi soft skills dan strategi pendidikan atau pengulangan (re education), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), serta menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach). 2) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan bekerjasama siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan hanya di dalam pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kerja sama siswa adalah strategi integrasi soft skills, dan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran kooperatif (cooperative learning), serta guru akidah akhlak menggunakan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach). 3) Strategi guru akidah akhlak mengembangkan kemampuan etika (kepribadian) siswa Madrasah Aliyah Darussaadah dilakukan di dalam dan di luar pembelajaran, strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan etika (kepribadian) siswa menggunakan tiga strategi sekaligus yakni strategi penularan skills, strategi bujukan (persuasive strategies), dan strategi paksaan (power strategies). Guru akidah akhlak dalam menularkan etika yang baik menggunakan cara penularan role model, message of the week, dan hidden curriculum.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8946
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group