Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Tri Wulan
dc.date.accessioned2024-01-11T03:41:55Z
dc.date.available2024-01-11T03:41:55Z
dc.date.issued2023-09-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8947
dc.description.abstractPerkembangan teknologi memberi dapak signifikan bagi perubahan budaya dan Agama. Dalam masyarakat modern yang semakin terhubung secara digital dan multikultural, literasi digital dan literasi budaya menjadi esensial dalam membentuk persepsi dan praktik agama yang moderat. Literasi digital Merujuk pada kemampuan individu dalam memahami, menggunakan, dan berpartisipasi dalam lingkungan digital yang semakin mendominasi kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, literasi budaya membantu individu memahami dan menghargai kekayaan budaya, nilai-nilai agama, dan pandangan dunia yang berbeda. Hubungan antara literasi digital dan literasi budaya dengan moderasi beragama telah menjadi subjek yang semakin relevan dalam konteks masyarakat modern. Seiring dengan meningkatnya akses informasi melalui teknologi digital, individu memiliki lebih banyak kesempatan untuk terlibat dalam dialog agama dan budaya yang kompleks. Literasi digital memungkinkan individu mengakses beragam sumber informasi tentang agama, mengikuti diskusi online, dan berpartisipasi dalam komunitas berbasis agama secara virtual. Hal ini berpotensi mempengaruhi sikap, pemahaman, dan praktik agama seseorang. Di sisi lain, literasi budaya membantu individu untuk menghadapi keragaman budaya dalam masyarakat yang semakin multikultural, menghindari prasangka terhadap agama dan budaya lain, dan mendorong dialog antaragama yang harmonis. Oleh karena itu, penelitian ini hendak melakukan analisis dan mendeteksi tingkat dan korelasi dari literasi digital, literasi budaya dan juga korelasi keduanya terhadap moderasi beragama. Adapun penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional, dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian angket/ kuisioner dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 89 siswa MAN 2 Pasuruan Adapun analisis dan uji keabsahan data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, normalitas data, korelasi Pearson Product Moment, dan juga korelasi ganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital termasuk dalam kategori sedang yakni 52,8%, literasi budaya kategori tinggi yakni 40,4%, dan moderasi beragama kategori tinggi yakni 43,8%. Sedangkan korelasi antara literasi digital dan moderasi beragama menunjukkan hubungan yang kuat sebesar 0,605, demikian pula dengan korelasi antara literasi budaya dan moderasi beragama menunjukkan hubungan yang kuat sebesar 0,750. Adapun korelasi literasi digital dan literasi budaya secara simultan terhadap moderasi beragama menunjukkan hubungan yang sangat kuat sebesar 0,798 dan bersifat positif. Sementara nilai R square sebesar 0,636 menunjukkan variabel literasi digital dan literasi budaya berkontribusi secara simultan terhadap moderasi beragama sebesar 63,6% Jadi, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dan literasi budaya terhadap moderasi beragamaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.subjectLiterasi Budayaen_US
dc.titleKorelasi Literasi Digital dan Literasi Budaya terhadap Moderasi Beragama pada Siswa MAN 2 Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record