Show simple item record

dc.contributor.authorKaimudin, Rivay
dc.date.accessioned2024-01-11T04:33:02Z
dc.date.available2024-01-11T04:33:02Z
dc.date.issued2023-11-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8983
dc.description.abstractPenelitian tentang “Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan (Studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku)” bertujuan untuk mengetahui strategi dan menganalisis peningkatan kualitas pelayanan publik dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku. Selain itu, Untuk mengetahui prosedur peningkatan kualitas pelayanan publik dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dipilih karena untuk menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan. Desain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengkaji Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan studi pustaka, secara garis besar hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Bahwa Strategi Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur dalam meningkatan kualitas pelayanan publik dalam Pengurusan Perijinan yakni melakukan sosialisasi dengan mendatangi pemilik kendaraan untuk mengurus semua izin kendaraan baik itu kendaraan yg dipergunakan untuk pelayanan masyarakat (angkutan sewa) maupun angkutan barang. Selain itu, strategi yang dilakukan adalah strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan dan strategi kontrol. Strategi yang diterapkan merupakan suatu bentuk dari tujuan utama dalam pelayanan publik, yakni bersih: inovatif, solutif, kompeten, organisir, transparan dan amanah. Bahwa untuk meningkatkan kualitas terhadap prosedur peningkatan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur, dilakukan dengan melakukan swiping dengan melibatkan pihak kepolisian dalam hal ini polantas untuk memeriksa kelengkapan izin kendaraan umum dan kendaaran barang untuk mencegah terjadinya ketidak taatan pelaku usaha dalam mengurus izin. Prosedur pengingkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dibarangi dengan tindakan Revitalisasi, restrukturisasi, dan deregulasi di bidang pelayanan publik, Peningkatan prefesionalisme pejabat pelayan publik, Korporatisasi unit pelayanan publik, Pengembangan dan pemanfaatan Electronic-Government (E Government) bagi instansi pelayanan publik, Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik dan Pemberian penghargaan dan sanksi kepada unit pelayanan masyarakat. Adapun faktor penghambat dan pendorong dalam Pengurusan Perijinan diwilayah Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur dikarenakan kurangnya sumber daya pegawai, kurangnya sarana dan prasarana, sehingga dalam melakukan pengujian berkala mengundang dinas perhubungan provinsi untuk melakukan pengujian berkala. Hambatan yang di hadapi masih kurangnya sinegritas antara pemerintah daerah sebagai pejabat yang berwenang untuk mememberikan anggaran khusus untuk pemenuhan sumber daya manusia dan memperbaiki srana dan prasasana yang masih kurang memadai untuk pelayanan masyarakat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectAngkutan Sewaen_US
dc.titleStrategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan (Studi Di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record