Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan (Studi Di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku)
Abstract
Penelitian tentang “Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan
Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan (Studi di
Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku)” bertujuan untuk
mengetahui strategi dan menganalisis peningkatan kualitas pelayanan publik
dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian
Timur-Maluku. Selain itu, Untuk mengetahui prosedur peningkatan kualitas
pelayanan publik dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten
Seram Bagian Timur-Maluku. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan
pendorong dalam Pengurusan Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram
Bagian Timur-Maluku.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dipilih karena untuk menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat
mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan. Desain penelitian deskriptif kualitatif
bertujuan untuk mengkaji Strategi Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan
Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Perijinan Di Dinas Perhubungan di Dinas
Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur-Maluku. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan studi pustaka, secara
garis besar hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Bahwa Strategi Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur dalam
meningkatan kualitas pelayanan publik dalam Pengurusan Perijinan yakni
melakukan sosialisasi dengan mendatangi pemilik kendaraan untuk mengurus
semua izin kendaraan baik itu kendaraan yg dipergunakan untuk pelayanan
masyarakat (angkutan sewa) maupun angkutan barang. Selain itu, strategi yang
dilakukan adalah strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan dan strategi
kontrol. Strategi yang diterapkan merupakan suatu bentuk dari tujuan utama
dalam pelayanan publik, yakni bersih: inovatif, solutif, kompeten, organisir,
transparan dan amanah.
Bahwa untuk meningkatkan kualitas terhadap prosedur peningkatan
Perijinan di Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur, dilakukan
dengan melakukan swiping dengan melibatkan pihak kepolisian dalam hal ini
polantas untuk memeriksa kelengkapan izin kendaraan umum dan kendaaran
barang untuk mencegah terjadinya ketidak taatan pelaku usaha dalam mengurus
izin. Prosedur pengingkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dibarangi
dengan tindakan Revitalisasi, restrukturisasi, dan deregulasi di bidang pelayanan
publik, Peningkatan prefesionalisme pejabat pelayan publik, Korporatisasi unit
pelayanan publik, Pengembangan dan pemanfaatan Electronic-Government (E
Government) bagi instansi pelayanan publik, Peningkatan partisipasi masyarakat
dalam pelayanan publik dan Pemberian penghargaan dan sanksi kepada unit
pelayanan masyarakat.
Adapun faktor penghambat dan pendorong dalam Pengurusan Perijinan
diwilayah Dinas Perhubungan Kabupaten Seram Bagian Timur dikarenakan
kurangnya sumber daya pegawai, kurangnya sarana dan prasarana, sehingga
dalam melakukan pengujian berkala mengundang dinas perhubungan provinsi
untuk melakukan pengujian berkala. Hambatan yang di hadapi masih kurangnya sinegritas antara pemerintah daerah sebagai pejabat yang berwenang untuk
mememberikan anggaran khusus untuk pemenuhan sumber daya manusia dan
memperbaiki srana dan prasasana yang masih kurang memadai untuk pelayanan
masyarakat.