dc.description.abstract | Kemampuan membaca nyaring di SD Islam Al-Ma'arif 01 Singosari yang mayoritas siswanya belum lancar dalam membaca, dari permasalahan tersebut peneliti akan mengkaji desain pembelajaran membaca nyaring, penerapan guru dalam membaca nyaring , dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca nyaring siswa kelas 3 SD. Berdasarkan fokus penelitian yang diketahui, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain dan pelaksanaan pembelajaran membaca nyaring serta mengetahui kendala apa saja yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa kelas 3 SD. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus, karena ditemukan kasus-kasus yang penting bagi penelitian dan bagi penelitian sebagai bahan pelengkap data peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.
Hasil penelitian ini diperoleh kemampuan atau kasus dimana keterampilan membaca anak dapat dilanjutkan melalui membaca nyaring. Metode ini tampaknya efektif dengan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: perancangan rencana pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 3 SD dengan cara membaca nyaring sesuai RPP yang telah disusun sebelumnya menggunakan media buku cerita bergambar dengan upaya meminimalisir dampak yang mempengaruhi kemampuan membaca. keras. Hasil tersebut dapat mengasah keterampilan dan meningkatkan kemampuan membaca siswa khususnya di kelas 3 SD Islam Al-Ma'arif 01 Singosari
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Membaca Nyaring, Siswa Kelas III | en_US |