dc.description.abstract | Membaca merupakan salah satu pondasi siswa untuk memhami sebuah materi pembelajaran, selain itu membaca merupakan sebuah alat untuk berkomunikasi, dan alat untuk memahami materi. Membaca permulaan dimulai dari usia sejak dini ataupun dalam kelas rendah seperti kelas I dan kelas II, yang membutuhkan perhatian khusus dan strategi saat pembelajaran baik metode ataupun media. Dikarenakan siswa kelas rendah dalam proses pembelajaran siswa serijng merasakan bosan, sehingga guru lebih mengefektifkan dengan menggunakan sebuah media ataupun metode yang cocok dengan pembelajaran tersebut. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membaca pemula adalah media Puzle Huruf. Membaca dengan media Puzle Huruf dalam proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dan suasana pembelajaran akan lebih hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam menggunakan media puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca pada kelas I SDN Sumberejo Kota Batu. Selain itu, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media puzzle huruf. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Berdasarkan data diatas penelitian ini menggunakan 2 siklus selama I siklus dilakukan selama 1 hari, setiap siklus menggunakan media Puzle huruf . berdasarkan hasil tersebut penggunaan media tersebut sangat berpengaruh positif, sehingga mendapatkan hasil yang meningkat dan membuat suasana pembelajaran dikelas tidak menjadi bosan sehingga pemahaman akan mudah didapatkan. Berdasarkan hasil diatas pra siklus berdasarkan hasil wawancara dengan guru mendapatkan presentase 45%, siklus I dengan melakukan tes membaca dengan menggunakan media Puzzle Huruf oresentasi meningkat menjadi 65%, dan di siklus II dengan menggunakan media yang sama meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil di atas, maka penggunaan media Puzzle Huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan memebaca.
Kata Kunci: Media Puzle Huruf, Kemampuan Membaca, Siswa | en_US |