Show simple item record

dc.contributor.authorRachmawati, Pratiwi Muda
dc.date.accessioned2020-12-16T03:36:37Z
dc.date.available2020-12-16T03:36:37Z
dc.date.issued2020-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/901
dc.description.abstractMenulisl adalah lkemampuan lseseorang untuk lmengekspresikan pemikiranl atau ide-ide limajinasi dalam bentuk ltertulis. Menulis lcerita lpendek pada ldasarnya mengacu lpada kegiatan lmengarang, dan lmengarang termasuk menulis lkreatif dan penuh limajinatif oleh pengarang. lmenulis adalah lkegiatan produktifl dan lekspresif lsehingga penulis harus lmemiliki lkemampuan untuk menggunakan lkosakata, tata cara lmenulis, dan lstruktur bahasa. Begitupun dengan lmenulis cerpen tentu memerlukan pemahaman mengenai unsur-unsur pembangun karya sastra untuk lmenghasilkan tulisan yang baik dan benar.Menulis cerpen tidak hanya dengan pengalaman pengarang atau pengalaman orang lain untuk dijadikan karya cerpen, namun menulis cerpen bisa dengan adanya media. Keterampilan menulis cerpen membutuhkan imajinasi yang luas dan mematuhi aturan penulisan karya sastra cerpen, sehingga pada penelitian ini akan mengkaji bagaimana keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Ma’arif Pandaan tanpa menggunakan media audiovisual web series dan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual web series. Setelah mengetahui hasil setiap penulisan tanpa dan dengan menggunakan media audiovisual, maka akan diketahui perbandingan antara menulis cerpen tanpa menggunakan media audiovisual web series dengan tanpa menggunakan media audiovisual web series. Penelitian ini lmenggunakan lpendekatan lkuantitatif, yaitu ldengan metode penelitianl populasi atau lsampel tertentu, teknik lpengambilan ldata pada umumnyal dilakukan secara lrandom. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas XI MIPA 2 SMA Ma’arif Pandaan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan komparatif uji-t untuk memastikan ada tidaknya pengaruh antar variabel satu dengan yang lainnya dan pengaruh ditetapkan melalui hasil uji-t sesuai dengan jenis data. Nilai menulis cerpen sebelum menonton web series dengan nilai keterampilan menulis cerpen setelah menonton web series siswa di uji pada program SPSS versi 16 untuk menemukan hasil adanya pengaruh antara penggunaan media audiovisual web series dengan keterampilan menulis cerpen. Hasil peningkatan menulis siswa rata-rata ( mean) 88, angka yang sering muncul ( mode) 95, dan (median)95. Sedangkan sebelum menonton web series dalam menulis cerpen, siswa memperoleh angka rata-rata ( mean) 82, angka yang sering muncul ( modus) 79 dan(median) 80. Untuk hasil menonton web series siswa mendapatkan angka rata-rata ( mean) 72, angka yang sering muncul (modus) 70, dan ( median) 70. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media audiovisual web series ada pengaruh dengan lkeahlian lmenulis lcerpen. Hasil lpenelitian ini lmenunjukkan bahwa lada lpengaruh yang lsignifikan antara lpenggunaan media laudiovisual lweb series dengan lketerampilan menulis cerpenl siswa lkelas XI lSMA Ma’arif Pandaan dengan uji-t pada signifikansi 0,011 yang kurang dari 0,05 yang artinya penggunaan media audiovisual dapat dijadikan pemacu siswa dalam pembelajaran menulis cerpen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPerbandinganen_US
dc.subjectMedia Web Seriesen_US
dc.subjectMenulis Cerpenen_US
dc.titlePerbandingan Media Audiovisual (Web Series) dalam Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI SMA Ma’arif Pandaanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record