dc.description.abstract | Menulisl adalah lkemampuan lseseorang untuk lmengekspresikan
pemikiranl atau ide-ide limajinasi dalam bentuk ltertulis. Menulis lcerita lpendek
pada ldasarnya mengacu lpada kegiatan lmengarang, dan lmengarang termasuk
menulis lkreatif dan penuh limajinatif oleh pengarang. lmenulis adalah lkegiatan
produktifl dan lekspresif lsehingga penulis harus lmemiliki lkemampuan untuk
menggunakan lkosakata, tata cara lmenulis, dan lstruktur bahasa. Begitupun
dengan lmenulis cerpen tentu memerlukan pemahaman mengenai unsur-unsur
pembangun karya sastra untuk lmenghasilkan tulisan yang baik dan benar.Menulis
cerpen tidak hanya dengan pengalaman pengarang atau pengalaman orang lain
untuk dijadikan karya cerpen, namun menulis cerpen bisa dengan adanya media.
Keterampilan menulis cerpen membutuhkan imajinasi yang luas dan
mematuhi aturan penulisan karya sastra cerpen, sehingga pada penelitian ini akan
mengkaji bagaimana keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Ma’arif
Pandaan tanpa menggunakan media audiovisual web series dan keterampilan
menulis cerpen dengan menggunakan media audiovisual web series. Setelah
mengetahui hasil setiap penulisan tanpa dan dengan menggunakan media
audiovisual, maka akan diketahui perbandingan antara menulis cerpen tanpa
menggunakan media audiovisual web series dengan tanpa menggunakan media
audiovisual web series.
Penelitian ini lmenggunakan lpendekatan lkuantitatif, yaitu ldengan
metode penelitianl populasi atau lsampel tertentu, teknik lpengambilan ldata pada
umumnyal dilakukan secara lrandom. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
siswa kelas XI MIPA 2 SMA Ma’arif Pandaan. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah rancangan komparatif uji-t untuk memastikan ada tidaknya
pengaruh antar variabel satu dengan yang lainnya dan pengaruh ditetapkan
melalui hasil uji-t sesuai dengan jenis data. Nilai menulis cerpen sebelum
menonton web series dengan nilai keterampilan menulis cerpen setelah menonton
web series siswa di uji pada program SPSS versi 16 untuk menemukan hasil
adanya pengaruh antara penggunaan media audiovisual web series dengan
keterampilan menulis cerpen.
Hasil peningkatan menulis siswa rata-rata ( mean) 88, angka yang sering
muncul ( mode) 95, dan (median)95. Sedangkan sebelum menonton web series
dalam menulis cerpen, siswa memperoleh angka rata-rata ( mean) 82, angka yang
sering muncul ( modus) 79 dan(median) 80. Untuk hasil menonton web series
siswa mendapatkan angka rata-rata ( mean) 72, angka yang sering muncul
(modus) 70, dan ( median) 70. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan
media audiovisual web series ada pengaruh dengan lkeahlian lmenulis lcerpen.
Hasil lpenelitian ini lmenunjukkan bahwa lada lpengaruh yang lsignifikan
antara lpenggunaan media laudiovisual lweb series dengan lketerampilan menulis
cerpenl siswa lkelas XI lSMA Ma’arif Pandaan dengan uji-t pada signifikansi
0,011 yang kurang dari 0,05 yang artinya penggunaan media audiovisual dapat
dijadikan pemacu siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. | en_US |