Show simple item record

dc.contributor.authorSupriyanto, Supriyanto
dc.contributor.authorMahsuni, Abdul Wahid
dc.date.accessioned2024-01-23T06:04:27Z
dc.date.available2024-01-23T06:04:27Z
dc.date.issued2024-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9025
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from: Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.description.abstractKepemimpinan di pesantren adalah kepemimpinan yang kharismatik komprehensif. Diantaranya kepemimpinan dalam mengembangkan kewirausahaan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan memaknai pengembangan kewirausahaan pondok pesantren dalam perspektif kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada pondok pesantren An Nur Malang. Unit analisis penelitian ini adalah kiai, guru atau ustadz, pengurus unit bisnis, santri, masyarakat anggota koperasi pesantren. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan analisis isi dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan model studi kasus. Analisis data dan pengujian keabsahan data memakai teknik trianggulasi, yakni trianggulasi sumber, trianggulasi metode dan trianggulasi waktu. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan Kiai berperan penting dalam pengembangan kewirausahaan pesantren. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kiai menginisisasi, memfasilitasi, menggerakkan para guru, santri, dan wali santi, dan memobilisasi alumni untuk menjadi investor unit bisnis pesantren. Kiai juga berperan sebagai fasilitator dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain dan masyarakat sekitar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKepemimpinanen_US
dc.subjectPesantrenen_US
dc.subjectKewirausahaanen_US
dc.titlePengembangan Kewirausahaan Pondok Pesantren Dalam Perspektif Kepemimpinan Kiaien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record