Pengembangan Kewirausahaan Pondok Pesantren Dalam Perspektif Kepemimpinan Kiai
Abstract
Kepemimpinan di pesantren adalah kepemimpinan yang kharismatik
komprehensif. Diantaranya kepemimpinan dalam mengembangkan
kewirausahaan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan memaknai
pengembangan kewirausahaan pondok pesantren dalam perspektif
kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan studi kasus pada pondok
pesantren An Nur Malang. Unit analisis penelitian ini adalah kiai, guru atau
ustadz, pengurus unit bisnis, santri, masyarakat anggota koperasi
pesantren. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam, observasi partisipatif dan analisis isi dokumentasi. Desain
penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan model studi kasus.
Analisis data dan pengujian keabsahan data memakai teknik trianggulasi,
yakni trianggulasi sumber, trianggulasi metode dan trianggulasi waktu.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan Kiai berperan
penting dalam pengembangan kewirausahaan pesantren. Hasil penelitian
ini menemukan bahwa kiai menginisisasi, memfasilitasi, menggerakkan
para guru, santri, dan wali santi, dan memobilisasi alumni untuk menjadi
investor unit bisnis pesantren. Kiai juga berperan sebagai fasilitator dalam
menjalin kerjasama dengan pihak lain dan masyarakat sekitar.