Show simple item record

dc.contributor.authorIngestu, Dian Hindhun Mardhyyah
dc.date.accessioned2024-01-30T02:28:57Z
dc.date.available2024-01-30T02:28:57Z
dc.date.issued2023-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9056
dc.description.abstractMedia flashcard termasuk media pembelajaran. Media pembelajaran ini diterapkan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan mengingat kosakata Bahasa Inggris. Media flashcard cocok diterapkan pada pembelajaran bahasa karena dalam kegiatan pembelajarannya memiliki inti kegiatan menulis dan melafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas III di MI Darussalam Jatiguwi Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-eksperimen (non-design) dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan mengingat kosa kata Bahasa Inggris dan variabel bebas pada penelitian ini adalah media flashcard. Sampel penelitian ini terdiri dari 86 siswa, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara, tes berupa soal esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan media flashcard terhadap kemampuan mengingat kosakata pada siswa kelas III. Berdasarkan hasil teknik analisis uji T diperoleh hasil nilai t hitung -41.452, nilai.sig 0,00 < 0,05 maka dinyatakan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan pada hasil pretest dan posttest mengalami peningkatan nilai sebanyak 38%, yaitu a) hasil rerata pretest = 35,23, b) hasil rerata posttest = 76,86. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas III. Diketahui bahwa media flashcard ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengingat kosakata Bahasa Inggris. Sehingga peneliti berharap bahwa jika guru ingin melatih dan mengembangkan kemampuan mengingat kosakata Bahasa Inggris siswa, dapat menerapkan media flashcard ini. Kata Kunci : Media Flashcard, Kemampuan Mengingat, Kosakata.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Flashcarden_US
dc.subjectKemampuan Mengingaten_US
dc.subjectKosakataen_US
dc.titlePengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Megingat Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa Kelas III di MI Darussalam Jatiguwi Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record