Show simple item record

dc.contributor.authorGarini, Resy Ardia
dc.date.accessioned2024-01-31T02:34:36Z
dc.date.available2024-01-31T02:34:36Z
dc.date.issued2023-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9058
dc.description.abstractPendidikan berperan meningkatkan kemajuan bangsa. Pendidikan mampu mendidik generasi yang berpotensi serta berpola pikir kritis, dan memiliki rasa tanggung jawab. Pengunaan Kurikulum Merdeka dalam bidang pendidikan merupakan sebuah langkah yang digunakan untuk meningkatkan pola pikir peserta didik berbasis nilai-nilai kebangsaan serta berperan membentuk sinergi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Ngijo dan untuk mendeskripsikan tentang Pembentukan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Ngijo. Jenis penelitian yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan tersebut adalah jenis penelitian kualitatif dan pendekatan secara kualitatif deskriptif, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini diketahui pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Ngijo telah berjalan dengan efektif dimana sekolah melibatkan siswa untuk upacara bendera setiap senin pagi, menyanyikan lagu P5 sebelum memulai pelajaran, melaksanakan sholat dhuha setiap pagi, pengimplementasian kerja bakti di lingkungan sekolah, dan pelaksanaan senam sehat satu minggu sekali. Kemudian, berdasarkan upaya pembentukan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 2 Ngijo, diketahui bahwa pembentukan tersebut dapat dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, seperti mewarnai lambang negara, membuat kolase lambang negara dengan biji beras, dan menarik simbol Pancasila sesuai urutannya. Kegiatan ekstrakurikuler juga turut berkontribusi dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila, seperti kegiatan pramuka, latihan olahraga karate dan sepakbola, serta partisipasi dalam kegiatan tari. Sementara itu, budaya sekolah yang dijalankan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila mencakup kegiatan kerja bakti di lingkungan sekolah dan praktik sholat dhuha. Saran yang dapat peneliti sampaikan yakni diharapkan bagi pihak sekolah untuk selalu mendukung semua fasilitas yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar supaya implementasi berjalan dengan sempurna. Kemudian tenaga pendidik diharapkan mampu mengembangkan modul ajar yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Dan terakhir untuk penelitian selanjutnya diharapkan ke depannya akan muncul lebih banyak penelitian yang menyoroti aspek-aspek pendidikan nasional, terutama dalam konteks sistem pendidikan, seperti kurikulum. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan, SD Negeri 2 Ngijoen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectSD Negeri 2 Ngijoen_US
dc.titleImplementasi Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Kelas 1 SD Negeri 2 Ngijoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record