dc.description.abstract | Penggunaan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari terpengaruhi oleh globalisasi bahasa asing dan kurangnya perhatian orang tua untuk mendidik anak-anaknya berkomunikasi di lingkungan keluarga oleh karena itu diperlukan usaha untuk melestarikan kebudayaan melalui pembelajaran di sekolah. Pembelajaran bahasa Jawa harus dioptimalkan sebagai upaya mempertahankan kekayaan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya yang pada dasarnya dapat dijadikan wahana penanaman watak, budi pekerti, terutama melalui penerapan unggah-ungguh pada masyarakat Jawa serta memiliki peran sentral dalam pengembangan watak, dan pekerti bangsa.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kondisi pembelajaran bahasa Jawa berupa karakteristik bidang studi, tujuan, kendala dan katakteristik siswa. Metode pembelajaran berupa strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan. Hasil pembelajaran berupa keefektifan, keefisiensi pembelajaran dan daya tarik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teori variabel pembelajaran Reigeluth. Prosedur dari pengumpulan dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner terbuka sebagai pendukung data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi pembelajaran Jawa di MIS Nurul Islam Lumajang memiliki ruang lingkup pembelajaran pada aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, siswa memiliki berbagai kendala saat pembelajaran, dan Siswa kelas 4 memiliki sikap disiplin dan semangat belajar; (2) metode pembelajaran bahasa Jawa menggunakan strategi pengorganisasian yaitu dengan penyusunan alur tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, penyusunan perangkat ajar bahasa Jawa dan modul ajar. Strategi penyampaian dengan memperhatikan penggunaan media pembelajaran, refleksi materi ajar dan penggunaan metode yang bervariasi. Strategi pengelolaan dilaksanakan melalui penyusunan perangkat ajar bahasa Jawa, pembuatan catatan kemajuan siswa dan pemberian motivasi secara sederhana berupa bintang pada kolom siswa; (3) hasil pembelajaran muatan lokal bahasa Jawa kelas 4 ditinjau melalui 3 hal yaitu (keefektifan, efisien dan daya tarik pembelajaran). Mengenai keefektifan pembelajaran bahasa Jawa kelas 4 di MIS Nurul Islam Lumajang berada dalam kategori sangat baik, keefisiensi pembelajaran bahasa Jawa berada dalam kategori cukup baik sedangkan daya tarik pembelajaran bahasa Jawa berada dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci : Muatan Lokal, Bahasa Jawa, Madrasah Ibtidaiyah
| en_US |