Show simple item record

dc.contributor.authorKhodijah, Siti
dc.date.accessioned2020-12-16T04:25:47Z
dc.date.available2020-12-16T04:25:47Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/908
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal yang paling penting untuk pertumbuhan dan kemajuan bangsa. Karena bangsa yang besar dan maju dilihat dari kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) tidak lain karena bagusnya kualitas pendidikan yang ada di dalam bangsa tersebut. Maka dari itu, guna untuk memperbaiki kualitas dan kemajuan bangsa Indonesia, pemerintah memperbaiki sistem pendidikannya dengan cara memberikan kebijakan baru dengan adanya sistem zonasi pada proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di sekolah-sekolah negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan tujuan untuk pemerataan kualitas pendidikan, menciptakan banyak sekolah favorit, dan peningkatan kualitas guru di Indonesia. Salah atunya kebijakan sistem zonasi ini telah diterapkan oleh SMA Negeri 2 Malang. Meskipun tujuan diterapkannya sistem zonasi pada proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sangat baik, rupanya implementasi sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang menuai banyak problematika. Salah satunya yaitu penurunan tingkat kemauan belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus penelitian pada penelitian ini yaitu tentang problematika-problematika apa saja yang terjadi setelah diterapkannya sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang, kemudian bagaimana keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang, serta strategi-strategi apa saja untuk mengatasi problematika-problematika yang terjadi terutama pada keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematikaproblematika sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang, menganalisis keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang, dan strategi-strategi apa saja yang digunakan untuk mengatasi problematika akibat sistem zonasi terutama untuk keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi terbuka, menggunakan metode wawancara tidak terstruktur dan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui proses pereduksian data (data reduction), kemudian penyajian data (data display), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan, uji keabsahan datanya dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil temuan penelitian didapatkan adanya problematika yang terjadi setelah diterapkannya sistem zonasi di SMA Negeri 2 Malang yaitu kurangnya keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang disebabkan karena adanya penurunan tingkat kemauan belajar siswa. Hal ini di latar belakangi oleh siswa berasal dari lingkungan dan keluarga berekonomi rendah dan kurang perhatian terhadap pendidikan, termasuk dalam hal pembelajaran keagamaan. Simpulan penelitian ini, problematika yang terjadi setelah diterapkannya sistem zonasi yaitu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang kurang efektif. Dan strategi-strategi yang dilakukan oleh para guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi problematika tersebut di antaranya meningkatkan fasilitas sekolah untuk mendukung sarana belajar siswa, dan menggunakan strategi-strategi yang telah di anjurkan oleh pemerintah untuk proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu diharapkan adanya peningkatan strategi-strategi yang dilakukan oleh seluruh komponen sekolah khususnya para guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keefektifan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang. Sehingga, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat berjalan dengan efektif dan tujuan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malang dapat tercapai dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectProblematikaen_US
dc.subjectSistem Zonasien_US
dc.subjectKeefektifanen_US
dc.subjectProses Pembelajaranen_US
dc.titleAnalisis Problematika Sistem Zonasi pada Keefektifan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record