Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Rizki Cahyaning Arifin
dc.date.accessioned2020-12-16T06:46:33Z
dc.date.available2020-12-16T06:46:33Z
dc.date.issued2020-07-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/910
dc.description.abstractPendidikan adalah upaya yang sengaja untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan murid. Untuk mewujudkan upaya itu, proses belajar menjadi hal yang penting. Mutu pendidikan merupakan salah satu isu pendidikan, terutama berkaitan dengan rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, terutama pendidikan dasar dan menengah. Untuk mengembangkan sekolah yang berdedikasi tinggi, lembaga pendidikan sekolah pun harus memiliki visi dan misi yang harus dikelola serta dipertimbangkan. Karena dengan adanya visi dan misi tiap lembaga pendidikan akan terwujudnya suatu ketercapaian tujuan dalam meningkatkan mutu sekolah. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malang yang dimiliki, terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah yang berkarakter ahlussunnah wal-jamaah dan berprestasi unggul. Berdasarkan observasi awal, bahwasannya kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malang memiliki peran Kepala sekolah sebagai leader, lokomotor, dan motivator. Dengan diketahuinya peran kepala madrasah sebagai leader atau pemimpin di suatu lembaga dapat diketahui proses dan tujuan yang dicapai dalam meningkatkan operasional yang akan dilaksanakaan dalam madrasah tersebut. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang apa saja peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah, dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang apa saja peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah. Untuk mencapai tujuan diatas maka penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yakni pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan dengan cara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, laporan-laporsn, agenda dan sebagainya. Teknik analisis data yang dilakukan penelitian yaitu kondensasi data, yang mengacu pada proses pemilihan, pemfokusan, penyederhanaan, pengabstrakan, dan/atau transformasi data yang muncul pada saat pengambilan data melalui transkrip, hasil wawancara dan dokumen data. Tampilan data (Data Display) yang pada tahap tampilan data peneliti merancang tampilan dan memutuskan data mana yang akan di bahas di dalam penelitian ini dimana tampilan datanya memiliki kondensasi data yang jelas. menggambar dan, teknik memverifikasi kesimpulan yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penarikan kesimpulan ini tergantung pada hasil catatan lapangan, metode yang digunakan, kemudian dibuatlah suatu kesimpulan data. Dalam penelitian ini, peran yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah Kepemimpinan Qawiyun Aminun Kepala madrasah menjadi pemimpin (Leadership) Kepala madrasah menjadi pendidik (educator) Kepala madrasah menjadi manager Dan berdasarkan peran kepala madrasah yang didapatkan hasil temuan penelitian bahwasannya kepala Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda berusaha menjalankan amanat serta tugasnya menjadi seorang pemimpin dalam meningkatkan mutu sekolah yang dipimpinnya. Dengan berpedoman pada karakter kepemimpinan yang dimiliki yakni kepemimpinan Qawwiyun Aminun, Kuat dan Terpercaya. Yang bermakna bukan hanya kuat dalam tenaga fisik saja melainkan kuat dalam membawa beban yang begitu berat dalam memimpin dan berusaha menjadikan pribadi yang terpercaya oleh semua masyarakat yang ada di lingkungan madrasah maupun yang ada di luar lingkungan madrasah. Dan juga demi tercapainya pendidikan yang bermutu serta berkembangnya mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda kepala madrasah memilki cara tersendiri dalam kepemimpinannya yakni dengan mengajak seluruh guru dan karyawan membentuk tim yakni bertujuan untuk bekerja sama menjalankan perencanaan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah yang biasa disebut dengan tim pengembang madrasah Faktor-faktor yang mendukung peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah yakni peran guru dan wali murid, semakin padatnya agenda-agenda di madrasah dalam kurun waktu lima tahun terakhir, serta keinginan dan harapan yang tinggi dari guru dan karyawan untuk kemajuan madrasah. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat baik dari segi internal maupun eksternal yakni lahan sekolah minim yang dimiliki oleh madrasah sehingga ruang kelas masih sangat terbatas, dari segi prasarana sudah terpenuhi tetapi masih sangat terbatas, serta kurangnya kerjasama antara guru dan karyawan dalam tim ketika pengadaan program sekolah. Hal yang perlu diperhatikan saran-saran yakni tentang langkah kedepan dari Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malang untuk dapat berkembang dan berkualitas dengan cara yang lebih baik lagi dengan mengembangkan dari segi akademis maupun non akademis religius yang dimiliki agar bisa maju dan semakin meningkatknya mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malang yang lebih baik dan dengan hasil yang memuaskan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectKepala Madrasahen_US
dc.subjectMutuen_US
dc.titlePeran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record