Evaluasi Kinerja Simpang Alun-Alun Kota Batu dengan Metode PKJI dan Software Vissim
Abstract
Simpang Alun-Alun Kota Batu merupakan persimpangan yang mempunyai tingkat kepadatan tinggi terutama pada jam puncak. Permasalahan sering yang terjadi pada persimpangan ini seringnya terjadi tundaan di pertengahan simpang dikarenakan lebar titik konflik simpang yang tidak terlalu lebar untuk bisa menampung kendaraan- kendaraan dengan ukuran yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja simpang pada kondisi eksisting, memberikan alternatif perbaikan dan mengetahui kinerja simpang 5 tahun mendatang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah antrian dan tundaan yang terjadi saat ini pada simpang alun-alun Kota Batu, memperoleh alternatif yang diharapkan bisa mengurai atau mengurangi kemacetan yang sering terjadi pada jam-jam sibuk dan mengetahui apakah alternatif yang dihasilkan tetap efektif selama 5 tahun ke depan.
Penelitian menggunakan metode PKJI dan Software Vissim dengan pengambilan data primer berupa survei LHR selama 4 hari pada jam-jam sibuk. Dari hasil survei didapatkan kendaraan maksimum terjadi pada hari Senin Sore pada jam 16:00-17:00 dengan jumlah kendaraan sebanyak 6.045 kend/jam.
Hasil perhitungan dari penelitian ini adalah Tundaan rata-rata PKJI adalah 45,23 det/smp, sedangkan Software Vissim adalah 45,34 det/smp, dengan keterangan LOS E. Setelah melakukan Alternatif di dapatkan Tundaan yang menggunakan PKJI adalah 23,83 det/smp, sedangkan hasil Software Vissim Tundaan 22,05 det/smp, keterangan LOS
C. Dengan menggunakan Alternatif yang ada kinerja Simpang Batu pada tahun 2024 didapat LOS C dengan tundaan 24,91 det/smp. Sedangkan 2025 - 2028 keterangan LOS yang didapat adalah D. Dengan tundaan pada 2028 sebesar 39,12 det/smp. Nilai tundaan semakin besar setiap tahunnya dikarenakan volume kendaraan semakin meningkat.
Kata Kunci : PKJI, Software Vissim.