Show simple item record

dc.contributor.authorNurani, Ulfa
dc.date.accessioned2020-12-17T02:03:35Z
dc.date.available2020-12-17T02:03:35Z
dc.date.issued2020-07-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/912
dc.description.abstractDewasa ini minat siswa terhadap mata pelajaran matematika menurun, dikarenakan mata pelajaran yang dianggap susah dan kurangnya variasi pengelolaan kelas guru terhadap materi yang disampaikan. Matematika merupakan mata pelajaran yang banyak tidak disukai oleh siswa dan seakan menjadi momok karena sudah tertanam dalam otak siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Disini dibutuhkan kemampuan guru untuk menarik dan menumbuhkan minat atau motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika agar siswa mulai tertarik dan menikmati, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka terdapat beberapa rumusan masalah atau fokus penelitian yakni: pertama, mengenai pentingnya pengelolaan kelas guru. Kedua, mengenai staretegi pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika.Ketiga, mengenai faktor yang mendukung dan menghambat pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan dari tiga persoalan di atas, maka dilakukan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode pertama, metode wawancara melalui format Google Form yang mana peneliti melakukan wawancara kepada teman Mahasiswa PGMI Unisma untuk mendapatkan data yang diperlukan. Kedua, observasi yang mana peneliti langsung datang ke lokasi penelitian di Universitas Islam Malang untuk mengamati Pengelolaan Kelas yng dilakukan oleh Mahasiswa. Ketiga, dokumentasi dalam hal ini peneliti mencari data dokumen resmi mengenai fokus penelitian. Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka ditemukan hasil penelitian sebagai berikut: pertama, Pentingnya pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan membuat siswa lebih senang dalam belajar. Kedua, strategi pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika mengenai media dan strategi yang mendukung dalam pembelajaran matematika sehingga dapat membuat siswa dan guru tenang dan bahagia ketika pembelajaran. ketiga, faktor pendukung dan penghambat yakni pada faktor pendukung merupakan penguasaan materi oleh guru dan pemilihan strategi serta media yang tepat sesuai karakter siswa dan beban materi, untuk faktor penghambat didapatkan kurangnya guru dalam menguasai materi, strategi dan mindset yang tersebat dimasyarakat bahwa matematika merupakan pelajaran sulit. Berdasarkan pembahasan pada paragraf di atas, maka diambil kesimpulan bahwa pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran matematika merupakan program atau hal yang harus dikuasi guru, baik materi strategi dan media merupakan hal yang membantu guru menjadi guru professional dalam kelas. Adapun strategi guru dalam pembelajaran matematika menyesuaikan kriteria materi yang akan disampaikan untuk penyesuaian metode dan media. Untuk faktor pendukung dan penghambat mengubah mindset masyarakat yang beranggapan bahwa matematika sulit dengan penggunaan media yang menyenangkan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengelolaan Kelasen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePengelolaan Kelas Guru dalam Pembelajaran Matematikaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record