dc.description.abstract |
Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa sering
keluar masuk kelas, ngobrol dengan teman sebangku, tidak memperhatikan guru
di depan saat menjelaskan materi, pasif saat belajar bahkan dalam hal membaca
masih minim, ada siswa yang membaca dan menjawab soal memiliki kemampuan
yang rendah, dan ada siswa yang sulit di ajak menulis, menghitung, membaca dan
mengerjakan tugas yang telah di beri oleh guru, sehingga tidak terjadi pencapaian
pelajaran yang maksimal yang di harapkan oleh guru dalam meningkatkan minat
belajar siswa melalui media dalam sebuah proses pembelajaran. Tujuan penelitian
ini adalah pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata
pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang
kemampuan, perkembangan siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Untuk
mencapai tujuan tersebut di atas dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif,
dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data
primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dalam penlitian kualitatif ada
3 yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, Wawancara ditujukan langsung
kepada guru wali kelas II, kepala sekolah dan guru di SD Muhammadiyah
Indonesiana Tidore dengan menggunakan pedoman wawancara dengan tujuan
untuk memperoleh data tentang upaya guru, kendala, solusi dalam meningkatkan
minat belajar siswa kelas II pada tema 2 bermain di lingkunganku melalui media
origami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temuan penelitian bahwasannya
dengan adanya media origami dalam pembelajaran tematik tema 2 bermain di
lingkunganku melalui media origami atau sebuah percobaan langsung siswa kelas
II merasa senang, siswa merasa lebih mandiri dan meningkatkan minat dalam
belajar. Solusi guru ialah upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui sebuh
media yang menarik yaitu media origami yang dapat menarik visual mata dan
motorik halus dan dapat meningkatkan minat serta kecerdasan otak kanan siswa,
guru melibatkan siswa untuk melakukan sendiri suatu percobaan yang bertujuan
untuk menambah wawasan siswa dan berkreatif kreasi sendiri dengan bimbingan
oleh guru dalam minat belajar dapat membuat siswa bisa mengikuti proses belajar
dengan baik. |
en_US |