View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Stuktur Baja Type Warren pada Jembatan Guyangan Kabupaten Trenggalek dengan Metode LRFD (Load And Resistance Faktor Design)

Thumbnail
View/Open
Publish (3.594Mb)
Fulltext (14.23Mb)
Date
2023-12-08
Author
Haq, Agung Izzul
Metadata
Show full item record
Abstract
Jembatan merupakan wadah penghubung lalu lintas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Jembatan memiliki peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Perencanaan kontruksi jembatan harus direncanakan dengan baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Dalam merencanakan jembatan harus berdasarkan hasil survey dan penyelidikan mengenai kondisi teknis lapangan agar mendapatkan suatu informasi yang jelas dan akurat mengenai lokasi perencanaan jembatan tersebut. Jembatan yang direncanakan harus sesuai persyaratan umum atau pokok-pokok perencanaan agar memenuhi kriteria dalam merencanakan suatu jembatan. Pada pembangunan ini PUPR Kabupaten Trenggalek akan membangun jembatan baru sebagai wadah penghubung transportasi dari daerah ke daerah lain. Dengan adanya jembatan ini akan memberikan pengaruh besar terhadap desa-desa sekitarnya dan memperlancar arus tranportasi antara ketiga desa tersebut. Tujuan dalam kajian ini merencanakan ulang kontruksi jembatan dengan menggunakan struktur rangka baja tipe warren. Jembatan rangka baja tipe warren ini memiliki keunggulan yaitu mampu digunakan untuk struktur dengan bentang panjang juga desainnya yang cukup sederhana yang menjadikan tipe ini memiliki berat yang relatif ringan. Metode yang digunakan untuk analisis perhitungan ini menggunakan metode LRFD (Load Resistance Factor Design). Hasil perencanaan meliputi perhitungan pembebanan pada jembatan rangka baja, penulangan plat lantai kendaraan jembatan yang menggunakan tulangan rangkap D16-100 mm dan tulangan bagi Ø12 – 200 mm. Pada gelagar jembatan menggunakan baja WF, yang terdiri dari gelagar memanjang WF 350 x 175 x 7 x 11, gelagar melintang WF 700 x 300 x 13 x 24 dan gelagar induk WF 300 x 300 x 10 x 15. Sambungan baut menggunakan baut mutu tinggi A-325. Perletakan jembatan menggunakan bantalan Elastomer dengan dimensi panjang 600 mm dengan lebar 550 mm dan tinggi 163 mm. Hasil perhitungan abutment memiliki lebar bawah 310 cm dan tinggi 445 cm. Pada pondasi tiang pancang menggunakan diameter 40 cm dan panjang 17 m dengan jumlah 8 buah, untuk tulangan pondasi menggunakan tulangan pokok 10 D12, dan tulangan spiral D12 – 25 mm. Kata kunci: Jembatan Rangka Baja, Warren Truss, LRFD
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9145
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group