View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kemampuan Critical Thinking pada Kegiatan Kuliah Terhadap Nilai Post-Test dan Nilai Ujian Mingguan Blok Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter FK Unisma

Thumbnail
View/Open
Fulltext (4.732Mb)
Publish (1.614Mb)
Date
2023-09-18
Author
Salsabillah, Putri
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Salah satu cara untuk memberikan pengetahuan kepada siswa adalah melalui kuliah yang sekaligus menjadi pembelajaran utama di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Kemampuan pencapaian pengetahuan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan diukur dengan ujian mingguan, berdasarkan hasil rata-rata nilai ujian mingguan yang kelima blok Kesehatan Masyarakat pertama mahasiswa angkatan 2019 menunjukkan nilai 62,1 yang termasuk kedalam kategori cukup. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat kemampuan critical thinking mahasiswa pada kegiatan perkuliahan dan dampaknya terhadap prestasi akademik mahasiswa. Metode: Penelitian dirancang dengan pendekatan observasional analitik dan cross-sectional. Kemampuan critical thinking diukur menggunakan kuesioner adaptasi dari Peter A. Facione. Soal post-test dibuat berdasarkan materi perkuliahan Biostatistika 1 dan Biostatistika 2 dan disesuaikan dengan komponen dari taksonomi bloom. Prestasi akademik diukur dari nilai ujian mingguan yang kelima. Aplikasi SMART PLS 4 digunakan untuk melakukan analisis data menggunakan structural equation model dengan pendekatan partial least square. Hasil: Kemampuan critical thinking mahasiswa memiliki kategori baik sebesar 70,59% (48 mahasiswa) dengan pembentuk terbesar adalah dimensi self-regulation dengan presentase 88,73%. Critical thinking memengaruhi post-test (T-statistic= 2.162, P-value=0.031) dan prestasi akademik (T-statistic= 2.067, P-value=0.039) secara signifikan, sedangkan post-test terhadap prestasi akademik (T-statistic=1.575, P-value=0.115) dan critical thinking melalui post-test terhadap prestasi akademik (T-statistic= 1.123, P-value= 0.263) tidak signifikan. Kesimpulan: Kemampuan critical thinking berpengaruh terhadap prestasi akademik (nilai ujian mingguan). Sedangkan, kemampuan critical thinking melalui post-test tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik (nilai ujian mingguan). Kata Kunci: Critical Thinking; Prestasi Akademik; Mahasiswa Kedokteran; Perkuliahan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9156
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group