Show simple item record

dc.contributor.authorHabbah, Sumbulatin Mi'atu
dc.date.accessioned2020-12-17T02:11:39Z
dc.date.available2020-12-17T02:11:39Z
dc.date.issued2020-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/916
dc.description.abstractBelajar adalah sebagai suatu proses di mana seorang berubah perilakunya akibat pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh melalui proses belajar. Sehingga pengalaman tersebut akan menjadi sebuah pengetahuan. Demikian pula dengan pengetahuan Al-Qur‟an diperoleh dengan cara yang sama. Membaca maupun menghafal Al-Qur‟an merupakan bagian dari pengetahuan Al-Qur‟an, yang diperoleh dengan cara belajar. Dengan demikian, salah satu dari materi dalam pendidikan Agama Islam yang penting dipelajari yaitu materi baca Al-Qur‟an. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di MI Khadijah Malang ini merupakan satu-satunya lembaga pendidikan Islam yang ada di Malang yang menerapkan metode baru yaitu metode Al-Hikmah dalam pembelajaran AlQur‟an. Setiap kegiatan pasti mempunyai tujuan yang hendak dicapai, demikian pula dalam pembahasan ini, bertujuan sebagai berikut : (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan metode Al-Hikmah di Madrasah Ibtidaiyah Mi Khadijah Malang. (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil pembelajaran Al-Hikmah di Mi Khadijah Malang. (3) Untuk menganalisis dan mendeskripskikan Kelemahan dan Kelebihan Metode Al-Hikmah di Mi Khadijah Malang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teori dari Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian metode Al-hikmah ini adalah: (1) penerapan pembelajaran Metode Al-Hikmah: (a) pembelajaran metode Al-hikmah menggunkan teknik klasikal baca simak, klasikal murni, sorongan, direct methode dan repeatition. (2) Hasil Pembelajaran Metode Al-Hikmah: (a) penilaian dalam pembelajaran terstruktur mulai dari penilaian harian, bulanan dan tahunan (b) Menyelesaikan jilid 1 sampai dengan jilid tajwid membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun. (3) Kekurangan dan Kelebihan metode Al-Hikmah: Kekurangan: (a)Membutuhkan guru Al-Qur‟an yang profesional. (b) Memerlukan waktu yang lama sekitar 4 tahun untuk lulus jilid. Kelebihan: (a) Memiliki materi yang terstruktur. (b) Buku materi menjadi modal utama dalam pembelajaran (c) Alokasi waktu yang memadai (d) Menggunakan metode direct dan repeatationen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Al - Hikmahen_US
dc.subjectPembelajaran Al-Qur'anen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Al-Qur‟an dengan Metode Al-Hikmah di MI Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record