dc.description.abstract | Belajar adalah sebagai suatu proses di mana seorang berubah perilakunya
akibat pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh melalui proses belajar. Sehingga
pengalaman tersebut akan menjadi sebuah pengetahuan. Demikian pula dengan
pengetahuan Al-Qur‟an diperoleh dengan cara yang sama. Membaca maupun
menghafal Al-Qur‟an merupakan bagian dari pengetahuan Al-Qur‟an, yang
diperoleh dengan cara belajar. Dengan demikian, salah satu dari materi dalam
pendidikan Agama Islam yang penting dipelajari yaitu materi baca Al-Qur‟an.
Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di MI Khadijah Malang ini
merupakan satu-satunya lembaga pendidikan Islam yang ada di Malang yang
menerapkan metode baru yaitu metode Al-Hikmah dalam pembelajaran AlQur‟an.
Setiap kegiatan pasti mempunyai tujuan yang hendak dicapai, demikian
pula dalam pembahasan ini, bertujuan sebagai berikut : (1) Untuk menganalisis
dan mendeskripsikan penerapan metode Al-Hikmah di Madrasah Ibtidaiyah Mi
Khadijah Malang. (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil
pembelajaran Al-Hikmah di Mi Khadijah Malang. (3) Untuk menganalisis dan
mendeskripskikan Kelemahan dan Kelebihan Metode Al-Hikmah di Mi Khadijah
Malang
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah teori dari Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data
dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi
sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian metode Al-hikmah ini adalah: (1) penerapan
pembelajaran Metode Al-Hikmah: (a) pembelajaran metode Al-hikmah
menggunkan teknik klasikal baca simak, klasikal murni, sorongan, direct methode
dan repeatition. (2) Hasil Pembelajaran Metode Al-Hikmah: (a) penilaian dalam
pembelajaran terstruktur mulai dari penilaian harian, bulanan dan tahunan (b)
Menyelesaikan jilid 1 sampai dengan jilid tajwid membutuhkan waktu 3 sampai 4
tahun. (3) Kekurangan dan Kelebihan metode Al-Hikmah: Kekurangan:
(a)Membutuhkan guru Al-Qur‟an yang profesional. (b) Memerlukan waktu yang
lama sekitar 4 tahun untuk lulus jilid. Kelebihan: (a) Memiliki materi yang
terstruktur. (b) Buku materi menjadi modal utama dalam pembelajaran (c) Alokasi
waktu yang memadai (d) Menggunakan metode direct dan repeatation | en_US |