Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi Dalam Menunjang Percepatan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Pelaksanaan Penyederhanaan
Birokrasi Dalam Menunjang Percepatan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan
Pemerintah Kota Pasuruan. Penyederhanaan birokrasi di instansi pemerintah
merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk mempercepat
pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi Dalam Menunjang Percepatan
Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, strategi yang
digunakan dalam percepatan pelaksanaan Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi
dan juga untuk mengetahui factor pendorong dan factor pendukung dalam
Pelaksanaan Penyederhanaan Birokrasi Dalam Menunjang Percepatan Reformasi
Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif
eksplanasi dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis
menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam
pengambilan sampling peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan
snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data
Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelaksanaan
Penyederhanaan Birokrasi Dalam Menunjang Percepatan Reformasi Birokrasi Di
Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan telah berjalan dengan baik meskipun ada
beberapa fakotor seperti sumberdaya anggaran belum tersedia. Hal ini juga
berdasarkan atas pengembangan teori Edward III yaitu komunikasi kepada
kelompok sasaran, ketersediaan sumber daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi.
Dalam hal percepatan pelaksanaan penyederhanan birokrasi pemerintah kota
pasuruan telah menerapkan beberapa strategi seperti melakukan korrdinasi dan
rapat dengan pihak internal dan eksternal serta membuat timeline pelaksanan
penyederhanaan birokrasi.