Show simple item record

dc.contributor.authorIbad, Syamsul
dc.date.accessioned2024-04-18T01:33:50Z
dc.date.available2024-04-18T01:33:50Z
dc.date.issued2023-08-02
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9220
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di MIN 1 Kota Malang melalui pendekatan IPO (Input, Proses dan Output). Penelitian ini mempertajam input, proses dan output di MIN 1 Kota Malang sesuai dengan 8 standar pendidikan antara lain: kesiswaan, sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, wali, masyarakat, kebijakan madrasah dan kebijakan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif melalui prosedur dan pengolahan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai alat pengumpulan data penelitian. Dengan pendekatan ini diharapkan peneliti dapat memperoleh konsep dan interpretasi mengenai makna, realitas dan fakta yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Kota Malang di Jl. Bandung 7C Kota Malang Jawa Timur dengan kode pos 65113. Penelitian ini berlangsung pada bulan Mei – Juni 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Wali dan Siswa. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan 4 kriteria: (1) kredibilitas (validasi internal), (2) transferabilitas (validasi eksternal), (3) ketergantungan (reliabilitas), dan (4) konfirmabilitas (objektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 1 Kota Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan telah menggunakan Strategi Analisis SWOT dengan pendekatan IPO di segala bidang sesuai dengan 8 standar pendidikan yang terdiri dari peserta didik, sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, siswa, orang tua, masyarakat, kebijakan madrasah dan kebijakan pemerintah. Dengan kesimpulan bahwa MIN 1 Kota Malang merupakan sekolah yang mempunyai mutu unggul yang didasari oleh motto tiada hari tanpa prestasi, maka manajemen mutu tidak lepas dari aspek input, proses dan output yang ketiganya saling berkesinambungan dalam mewujudkan cita-cita. visi sekolah. dan misi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectManajemen Strategisen_US
dc.subjectIPO (Input, Proses dan Output)en_US
dc.titleStrategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pendekatan IPO (Input, Process and Output) Studi Kasus di MIN 1 Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record