Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pendekatan IPO (Input, Process and Output) Studi Kasus di MIN 1 Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di MIN 1
Kota Malang melalui pendekatan IPO (Input, Proses dan Output). Penelitian ini mempertajam input,
proses dan output di MIN 1 Kota Malang sesuai dengan 8 standar pendidikan antara lain: kesiswaan,
sumber daya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, wali, masyarakat, kebijakan madrasah dan
kebijakan pemerintah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif
melalui prosedur dan pengolahan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai alat
pengumpulan data penelitian. Dengan pendekatan ini diharapkan peneliti dapat memperoleh konsep
dan interpretasi mengenai makna, realitas dan fakta yang relevan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1
Kota Malang di Jl. Bandung 7C Kota Malang Jawa Timur dengan kode pos 65113. Penelitian ini
berlangsung pada bulan Mei – Juni 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil
Kepala Sekolah, Guru, Wali dan Siswa. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan
4 kriteria: (1) kredibilitas (validasi internal), (2) transferabilitas (validasi eksternal), (3) ketergantungan
(reliabilitas), dan (4) konfirmabilitas (objektivitas).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 1 Kota Malang dalam meningkatkan mutu
pendidikan telah menggunakan Strategi Analisis SWOT dengan pendekatan IPO di segala bidang sesuai
dengan 8 standar pendidikan yang terdiri dari peserta didik, sumber daya manusia, kurikulum, sarana
dan prasarana, siswa, orang tua, masyarakat, kebijakan madrasah dan kebijakan pemerintah. Dengan
kesimpulan bahwa MIN 1 Kota Malang merupakan sekolah yang mempunyai mutu unggul yang
didasari oleh motto tiada hari tanpa prestasi, maka manajemen mutu tidak lepas dari aspek input, proses
dan output yang ketiganya saling berkesinambungan dalam mewujudkan cita-cita. visi sekolah. dan
misi.