dc.description.abstract | Sumber belajar termasuk dalam sarana dan prasarana pendidikan, oleh
karena itu sumber belajar sangat penting dalam menunjang kegiatan
pembelajaran. Kurangnya sumber belajar oleh sekolah menyebabkan kurang
efektifnya pelaksanaan pembelajaran di sekolah.
Pembelajaran tematik merupakan suatu model pembelajaran terpadu
dengan menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran yang
saling terkait sehingga lebih bermakna yang menekankan keterlibatan siswa
secara aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran dengan harapan siswa
mampu memperoleh ilmu pengetahuan secara utuh. Untuk penggunaan sumber
belajar pada pembelajaran tematik khususnya tingkat SD/MI lebih memperhatikan
aspek tujuan, karakteristik siswa, kelebihan, keterbatasan, keefektifan serta
pembiayaan dari pihak sekolah maupun siswa sehingga dalam pembelajaran akan
lebih efektif dan efisien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sumber belajar
pada pembelajaran tematik kelas IV sekaligus untuk mengukur keefektivan
pelaksanaannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif, adapun untuk mendapatkan data yang dibutuhkan
penulis melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru di SDN
Wonokerso II Kabupaten Malang.
Penelitian berfokus pada tiga masalah utama, yaitu bagaimana pengadaan,
penggunaan sumber belajar dan kendala guru dalam kegiatan pembelajaran di
kelas dengan siswa. Hasil temuan tersebut di analisis untuk memperoleh masalah
pokok, solusi dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data tentang
penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN
Wonokerso II. Dari keseluruhan penggunaannya sudah baik dan perlu
pembaharuan dalam sumber belajar yang dibutuhkan seperti perangkat komputer
dan LCD. Penambahan sumber belajar dan media di dalam kelas tentunya akan
memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan membantu siswa dalam
belajar untuk mencapai tujuan belajar yang ingin dicapai. | en_US |