Penggunaan Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Wonokerso II Kabupaten Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Pratiwi, Riska Dwi
dc.date.accessioned 2020-12-17T02:58:43Z
dc.date.available 2020-12-17T02:58:43Z
dc.date.issued 2020-07-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/923
dc.description.abstract Sumber belajar termasuk dalam sarana dan prasarana pendidikan, oleh karena itu sumber belajar sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kurangnya sumber belajar oleh sekolah menyebabkan kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran tematik merupakan suatu model pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran yang saling terkait sehingga lebih bermakna yang menekankan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran dengan harapan siswa mampu memperoleh ilmu pengetahuan secara utuh. Untuk penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik khususnya tingkat SD/MI lebih memperhatikan aspek tujuan, karakteristik siswa, kelebihan, keterbatasan, keefektifan serta pembiayaan dari pihak sekolah maupun siswa sehingga dalam pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas IV sekaligus untuk mengukur keefektivan pelaksanaannya. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, adapun untuk mendapatkan data yang dibutuhkan penulis melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru di SDN Wonokerso II Kabupaten Malang. Penelitian berfokus pada tiga masalah utama, yaitu bagaimana pengadaan, penggunaan sumber belajar dan kendala guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan siswa. Hasil temuan tersebut di analisis untuk memperoleh masalah pokok, solusi dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diperoleh data tentang penggunaan sumber belajar pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN Wonokerso II. Dari keseluruhan penggunaannya sudah baik dan perlu pembaharuan dalam sumber belajar yang dibutuhkan seperti perangkat komputer dan LCD. Penambahan sumber belajar dan media di dalam kelas tentunya akan memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan membantu siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan belajar yang ingin dicapai. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Sumber Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.subject Learning Resources en_US
dc.subject Thematic Learning en_US
dc.title Penggunaan Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Wonokerso II Kabupaten Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account