View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Engineering
  • UT - Civil Engineering
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Evaluasi Kerusakan Jalan Wagir – Gunung Kawi Kabupaten Malang Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.727Mb)
Fulltext (7.085Mb)
Date
2023-12-16
Author
Al Ghozali, Muhammad Muinuddin
Metadata
Show full item record
Abstract
Kondisi perkerasan yang mengalami kerusakan lebih cepat dari umur rencana, selain akan mengganggu pengguna jalan juga mengakibatkan pengeluaran daerah lebih besar karena harus melakukan perencanaan ulang dalam waktu yang lebih sering. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Wagir – Gunung Kawi berdasarkan metode PCI juga mengetahui nilai PCI pada ruas jalan Wagir – Gunung Kawi berdasarkan metode PCI serta biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan atau pemeliharaan ruas jalan Wagir – Gunung Kawi. Data yang diperlukan pada studi ini adalah data jenis dan tingkat kerusakan jalan (Volume Kerusakan), Dokumentasi jalan, Inventarisasi jalan, gambar layout jalan dan data perkerasan jalan yang ada. Perhitungan yang digunakan dalam studi ini yaitu menghitung density, menghitung deduct value, menghitung allowebel maximum, menghitung total deduct value, menghitung corrected deduct value, menghitung nilai PCI dan penentuan penanganan kerusakan. Hasil dari penelitian ini Jenis kerusakan yang terjadi pada lokasi penelitian meliputi kerusakan Potholes (Lubang) 12,14%, Edge Cracking (Retak pinggir) 5,06%, Aligator Cracking (Retak buaya) 17,02%, Patching utility cut putching (Tambalan) 22,11%, Long and trans cracking (Retak memanjang melintang) 2,22%, Block cracking (Retak blok) 6,60%, Rutting (Alur) 0,07%, Ravelling (Pelepasan Butiran) 20,54%, Shoving (Sungkur) 0,04%, Polished agregate (Pengausan) 8,01%, Depression (Amblas) 0,07%, Shoulder Drop Off (Penurunan Bahu Jalan) 6,12%, Kemudian angka tertinggi kerusakan sebesar 71 pada segmen 78 STA 6+850-6+900 dengan kondisi Very Good (Sangat Baik), sedangkan angka terendah kerusakan sebesar 22 pada segmen 169 STA 11+400-11+450 dalam kondisi Very Poor (Sangat Jelek), Dan Hasil dari penilaian kondisi kerusakan menggunakan metode PCI nilai kondisinya sebesar 47,5 termasuk dalam penanganan pemeliharaan berkala jalan sedangkan biaya perbaikan yang diperoleh dari hasil perhitungan sesuai AHSP Kabupaten Malang adalah sebesar Rp. 567.473.550,0 Kata Kunci: pavement condition indexs (PCI), Kerusakan Jalan, Kabupaten Malang
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9252
Collections
  • UT - Civil Engineering

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group