Nilai-nilai Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Nashaihul’ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani

Show simple item record

dc.contributor.author Maliya, Isvaro Amna
dc.date.accessioned 2020-12-17T03:10:24Z
dc.date.available 2020-12-17T03:10:24Z
dc.date.issued 2020-08-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/926
dc.description.abstract Pendidikan menempati hal yang paling penting dalam kehidupan. Di zaman yang semakin maju ini terkadang Akhlaq dikalahkan oleh teknologi yang semakin digemari oleh pemuda masa kini. Perkembangan teknologi dapat mempengaruhi akhlaq setiap individu. Tergantung bagaimana cara menyikapinya dalam memanfaatkan teknologi. Akhlaq menjadi prioritas seseorang dalam bersosial. Menurunnya akhlaq pada generasi milenial saat ini salah satunya disebabkan kurangnya mendalami pendidikan Agama, yang pada dasarnya pendidikan Agama mempunyai peranan yang lebih penting dalam kehidupan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan akhlaq yang terdapat di dalam kitab Nashaihul’Ibad karya Syaikh Nawawi Al-Bantani. Dengan metode penelitian kepustakaan (Library research) yang bersifat deskriptif analisis. Data yang diambil dari kitab Nashaihul’ Ibad dengan menggunakan teknik, meghimpun, mengutip, mengecek dan mengelompokkan data. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode content analisys dan metode reflektif thinking. Hasil penelitian ini terdapat beberapa point nilai-nilai pendidikan dalam kitab nashailhul’ibad yakni, nilai pendidikan akhlaq terpuji dan tercela terhadap Allah Swt, akhlaq terpuji dan tercela terhadap Rasulullah Saw, akhlaq terpuji dan tercela terhadap diri sendiri, akhlaq terpuji dan tercela terhadap lingkungan. Maka dengan kata lain bahwa hasil dari penelitian ini memiliki pengajaran yang baik dan relevan dengan keadaan pelajar masa kini. Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlaq dengan sikap moral pelajar masa kini telah melahirkan sejumlah problematika yaitu: Penyalahgunaan IPTEK, kecanduan media sosial, hedonisme, kurangnya iman, dan pola hidup yang bersifat duniawi. Pendidikan akhlaq tersebut untuk kemudian diterapkan dalam dunia pendidikan Indonesia sebagai salah satu alternatif solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia. Kalaupun terdapat alterrnatif lain yang lebih baik dari pada yang telah disampaikan, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukkan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Akhlaq en_US
dc.subject Kitab Nashaihul’ibad en_US
dc.title Nilai-nilai Pendidikan Akhlaq dalam Kitab Nashaihul’ibad Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account