Pembinaan Karakter Siswa Melalui Media Shalat Dhuha di SMK Negeri 5 Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Sa'diyah, Alimatus
dc.date.accessioned 2020-12-17T03:14:22Z
dc.date.available 2020-12-17T03:14:22Z
dc.date.issued 2020-07-05
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/928
dc.description.abstract Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia yang berkarakter dalam defisi hati, berfikir, raga serta rasa. Pendidikan karakter merupakan salah satu benteng yang di butuhkan dalam memperbaiki moral. Di dalam agama islam, pendidikan karakter sudah di terapkan sejak dini, salah satunya yakni shalat dhuha. Pembinaan karakter melalui media shalat dhuha ini merupakan pendidikan karakter untuk mengatasi degradasi moral, secara berpola pikir, dan perilaku siswa. Sehingga persoalan yang akan di kaji pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan karakter siswa melalui media shalat dhuha di SMKN 5 kota Malang. 2) Nilai-nilai karakter apa saja yang dikembangkan melalui media shalat dhuha di SMKN 5 kota Malang. Dan tujuan dari peneliti dalam meneliti hal tersebut bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan karakter siswa melalui shalat dhuha di SMKN 5 kota Malang. 2) untuk medeskripsikan nilai-nilai karakter yang di kembangkan melalui media shalat dhuha di SMKN 5 kota Malang. Agar terwujudnya tujuan diatas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan langsung terhadap sasaran, metode wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu proses pencarian data mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter yang di lakukan di SMKN 5 kota Malang adalah melalui media shalat dhuha yang di kerjakan oleh peserta didik serta para guru. Sedangkan nilai karakter yang di kembangkan adalah a) Religius yang tercermin dalam beberapa perilaku atau tindakan siswa seperti melaksanakan shalat dhuha secara terus menerus, b) Disiplin yang tercermin menunujukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan, c) jujur yang tercermin dalam gerakan dan bacaan shalat dhuha, d) tanggung jawab yang tercermin pada kesadaran untuk melaksanakan tugas shalat dhuha dan kewajiban dengan baik secara tidak terpaksa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject Nilai Karakter en_US
dc.subject Shalat Dhuha en_US
dc.title Pembinaan Karakter Siswa Melalui Media Shalat Dhuha di SMK Negeri 5 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account