Meningkatkan Katerampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kirigami di TK PKK VI Miftahul Huda
Abstract
Keterampilan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Motorik halus merupakan kegiatan yang menggunakan otot-otot halus pada jari jemari, yang memerlukan koordinasi yang antara tangan dan otak. Perkembangan motorik halus merupakan bagian dari pengalaman fisik yang berkaitan erat dengan kegiatan sehari-hari. Di TK PKK VI Miftahul Huda perkembangan motorik halus anak belum berkembang hal ini dapat terlihat pada saat anak berkegiatan yang dimana ketika mewarnai masih belum rapi, tulisan yang kurang baik serta anak belum mampu menggunting sesuai pola. Fokus permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan kegiatan kirigami dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak serta peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kirigami pada kelompok B di TK PKK VI Miftahul Huda
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK PKK VI Miftahul Huda, Sukorejo, Pasuruan dengan jumlah 10 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasasi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 kali siklus yang dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak usia dini pada kelompok B di TK PKK VI Miftahul Huda dapat ditingkatkan dengan menggunakan kegiatan kirigami yang dilakukan secara integritas. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya dari prasiklus sampai dengan siklus II, yang semula pada prasiklus berada pada persentase 23,3% meningkat di siklus I dengan persentase 49,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,65% sehingga sudah mencapai ketentuan keberhasilan.
Kata Kunci: Kirigami, Anak Usia Dini, Motorik Halus