Show simple item record

dc.contributor.authorAsri, Fatika Amalia
dc.date.accessioned2020-12-17T03:25:37Z
dc.date.available2020-12-17T03:25:37Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/933
dc.description.abstractAkhir-akhir ini dunia sedang di landa musibah berupa sebuah virus yang menyerang manusia melalui udara, sentuhan tangan dan lainnya. Virus ini disebut Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Dimana akibat dari musibah ini seluruh kegiatan ekonomi, hubungan sosial bahkan pendidikan terkena imbasnya. Pembelajaran yang tadinya di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini terfokus pada minat belajar Pendidikan Agama Islam siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang, strategi guruPendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang, kendala yang dialami guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islamkelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang melalui pembelajaran online(daring). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar Pendidikan Agama Islamsiswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran diSekolah Menengah KejuruanArdjuna 01 Malang, mendeskripsikan strategi guruPendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah KejuruanArdjuna 01 Malang, mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islamkelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang melalui pembelajaran online (daring). Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian studi kasus. Studi kasus yang dilakukan peneliti yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu, observasi tidak terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi terhadap, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan waka kurikulum dan beberapa siswa kelas siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang. Dalam kegiatan analisis data terdapat empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran cenderung tinggi. Dilihat dari antusias siswa, kehadiran siswa, perhatian siswa dan pengumpulan tugas yang diberikan guru pada siswa. Sedangkan strategi yang digunakan guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pembelajaran yang bervariasi yaitu metode ceramah, mind mapping,dan geme. Sedangkan teknik yang digunakan guru pendidikan agama islam untuk meningkantan minat belajar siswa adalah bank poin dimana siswa diberi poin sesuai dengan porsi mereka. Pada teknik bank poin yang dinilai tidak hanya pengetahuan, namun juga menilai sikap dan keterampilan. Kemudian kendala yang dialami guru pendidikan agama islam selama pembelajaran online yaitu terbatasnya kuota siswa, guru sulit mengawasi siswa secra langsung, guru kesulitan dalam menyampaikan meteri, kendala siswa selama pembelajaran online yaitu sulit berdiskusi dengan teman dan bertanya secara langsung dengan guru serta keterbatan biaya untuk membeli kuota internet.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Onlineen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Online (Daring) Kelas XI Otomatisas dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record