dc.description.abstract | Akhir-akhir ini dunia sedang di landa musibah berupa sebuah virus yang
menyerang manusia melalui udara, sentuhan tangan dan lainnya. Virus ini disebut
Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Dimana akibat dari musibah ini seluruh
kegiatan ekonomi, hubungan sosial bahkan pendidikan terkena imbasnya.
Pembelajaran yang tadinya di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran online atau
pembelajaran jarak jauh.
Penelitian ini terfokus pada minat belajar Pendidikan Agama Islam
siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah
Kejuruan Ardjuna 01 Malang, strategi guruPendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan minat belajar siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang, kendala yang
dialami guru dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama
Islamkelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah
Kejuruan Ardjuna 01 Malang melalui pembelajaran online(daring).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar Pendidikan
Agama Islamsiswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran diSekolah
Menengah KejuruanArdjuna 01 Malang, mendeskripsikan strategi
guruPendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswakelas XI
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah KejuruanArdjuna
01 Malang, mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menyampaikan
materi pembelajaran Pendidikan Agama Islamkelas XI Otomatisasi dan Tata
Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01 Malang melalui
pembelajaran online (daring).
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian studi kasus. Studi
kasus yang dilakukan peneliti yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Ardjuna 01
Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu, observasi tidak
terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi terhadap, guru mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan waka kurikulum dan beberapa siswa kelas
siswakelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menengah
Kejuruan Ardjuna 01 Malang. Dalam kegiatan analisis data terdapat empat
tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas XI Otomatisasi dan
Tata Kelola Perkantoran cenderung tinggi. Dilihat dari antusias siswa, kehadiran
siswa, perhatian siswa dan pengumpulan tugas yang diberikan guru pada siswa.
Sedangkan strategi yang digunakan guru pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam adalah strategi pembelajaran inkuiri dengan metode pembelajaran yang
bervariasi yaitu metode ceramah, mind mapping,dan geme. Sedangkan teknik
yang digunakan guru pendidikan agama islam untuk meningkantan minat belajar
siswa adalah bank poin dimana siswa diberi poin sesuai dengan porsi mereka.
Pada teknik bank poin yang dinilai tidak hanya pengetahuan, namun juga menilai
sikap dan keterampilan. Kemudian kendala yang dialami guru pendidikan agama
islam selama pembelajaran online yaitu terbatasnya kuota siswa, guru sulit
mengawasi siswa secra langsung, guru kesulitan dalam menyampaikan meteri,
kendala siswa selama pembelajaran online yaitu sulit berdiskusi dengan teman
dan bertanya secara langsung dengan guru serta keterbatan biaya untuk membeli
kuota internet. | en_US |