dc.description.abstract | Karakter merupakan pondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik
agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Bedasarkan dari observasi awal,
bahwasannya Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin yang disiplin dalam
sessuatu diharap mampu memahami dan menjawab permasalahan: Kedisiplinan Guru
Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Belajar Di SMP Islam Darussa’adah
Malang ini. Latar belakang penelitian diatas peneliti merumuskan jjpermasalahan,
yaitu solusi keterlambatan pendidik, karakter siswa, kedisiplinan guru dalam
membentuk karater siswa di SMP Islam Darussa’adah Malang. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan solusi keterlambatan pendidik, karakter siswa, kedisiplinan
guru dalam membentuk karater siswa di SMP Islam Darussa’adah Malang.
Untuk mencapai tujuan tesebut diatas penelitian dilakukan dengan jenis
penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, yaitu
pengamatan yang merupakan fenomenayang dilakukan secara sistematis, metode
wawancara yang merupakan pengumpulan data dengan tanya jawab secara lisan
dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai halhal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, dan
sebagainya
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah Seorang pendidik harus menjadi
uswah hasanah bagi siswa, dimulai dari diri sendiri untuk menjadikan dirinya
disiplin. wajib hukumnya seorang pendidik menanamkan karakter yang baik terhadap
siswa walaupun setiap siswa memiliki sifat atau karakter yang berbeda beda. Nilainilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran di SMP Islam Darussa’adah
Malang meliputi beberapa karakter yaitu: kereligiusan, kebersihan, kejujuran,
kemandirian, kedisiplinan, kepedulian, kecintaan terhadap tanah air indonesia. Faktor
pembentukkan karakter siswa adalah Faktor Keluarga (Orangtua), Faktor Pendidik,
dan Faktor Lingkungan, kedua: Hukuman bagi siswa yang melanggar | en_US |