Penggunaan Media Large Moveable Alphabet pada Pengenalan Keaksaraan Awal (Studi Kasus Dikelompok B RA Syiahbuddin Dau Malang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengunaan media large moveable alphabet pada pengenalan keaksaraan awal di kelompok B RA Syihabuddin Dau Malang. Media moveable alphabet ini digunakan untuk mengenalkan keaksaraan awal melalui media kongkret dengan nuansa bermain. Pengenalan keaksaraan awal sangat penting karena merupakan persiapan yang sangat penting sebelum anak belajar membaca, agar guru dapat mempersiapkan langkah belajar yang sesuai dengan kemampuan dan usia anak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di RA syihabuddin sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, guru dan murid di RA Syihabuddin Kecamatan Dau Malang, Subyek penelitian ini adalah murid di RA Syihabuddin Kecamatan Dau Malang. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keaksraaan awal di kelompok B di RA Syihabuddin sangat berpengaruh besar, hal ini disebabkan oleh penggunaan media large moveable alphabet yang digunakan dalam pembelajaran keaksaraan awal di kelas, anak sangat atusias saat belajar dengan media large moveable alphabet karena anak merasa tidak sedang belajar tetapi sedang bermain seraya belajar. Penggunaan large moveable alphabet membawa dampak positif bagi pembelajaran keaksaraan awal yaitu meningkatnya tingkat pemahaman anak dalam pembelajaran keaksaraan awal.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep penggunakan large moveable alphabet harus melewati tahap menulis dibagi menjadi tiga yaitu menggunakan aparatus Montessori metal inset, sand paper letter dan sand tray. Untuk menyampaikan materi large moveable alphabet guru menggunakan metode three period lesson. Dalam pelaksanaan penggunaan large moveable alphabet anak dipastikan sudah mengenal fonik huruf dan mengenalkan kosakata baru kepada anak menggunakan pink series untuk pengenalan melalui objek atau benda. Dampak penggunaan media large moveable alphabet dalam pengenalan keaksaraan awal di kelompok B RA Syihabuddin yaitu membantu proses berfikir anak dari kongkret ke abstrak, Dapat membantu anak mengenal bunyi huruf (fonetik huruf) sejak dini dan memfasilitasi perkembangan bahasa anak.
Kata Kunci: Keaksaraan Awal, Large Moveable Alphabet, Montessori