dc.description.abstract | Tujuan utama pembinaan dalam islam adalah membentuk akhlak atau budi pekerti yang baik. Akhlak dalam Islam adalah akhlak yang benar-benar memiliki nilai yang mutlak. Nilai-nilai baik dan buruk, terpuji dan tercela berlaku kapan dan di mana saja dalam segala aspek kehidupan, tidak dibatasi oleh waktu dan ruang. Dalam era globalisasi saat ini dapat mengetahui informasi dengan cepat, jika tidak dapat memilih yang baik maka dapat menurunkan akhlak dalam kalangan pelajar, yang terbukti dengan tindakan dalam lingkungan pelajar yang kini semakin merajalela mulai dari menyontek yang kini telah menjadi kebudayaan, minum-minuman keras, merokok di lingkungan sekolah, narkoba, pergaulan dan seks bebas, tawuran antarpelajar hingga peredaran video porno di kalangan pelajar. Oleh karena itu adanya pembinaan akhlakul karimah peserta didik sangat penting. Atas dasar itulah pihak sekolah SMA Al-Ma’arif Malang khususnya guru pendidikan agama Islam mengadakan beberapa kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didiknya.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Metode, Evaluasi, serta Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMA Al-Ma’arif Malang? Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui Metode pembinaan akhlakul karimah melalui kegiatan keagamaan di SMA Al- Ma’arif Malang.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitumetode wawancara, observasi, dan dekumentasi. sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembinaan akhlakul karimah peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SMA Al-Ma’arif Malang diantaranya: pembiasaan, mauidzhoh, keteladanan, pengawasan, dan sangsi. Untuk evaluasi yang dilakukan dalam pelaksanaan pembinaan Akhlakul karimah Peserta didik di SMA A-Ma’arif Malang adalah dengan melihat langsung akhlak siswa sehari-hari di sekolah, dan melakukan evaluasi dengan pengawasan yang melibatkan peran orang tua, serta evaluasi yang dilakukan sekolah melalui agenda rapat setiap bulan. Untuk faktor Pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta didik di SMA Al-Ma’arif Malang adalah; Faktor Pendukung; Siswa yang sekolah sekaligus mondok bisa dijadikan teladan bagi siswa lain, Semua guru mau terlibat langsung saat kegiatan dan ikut mengkondisikan siswa, dan Keberadaan guru dan seluruh staf panitia yang mempunyai jadwal saat kegiatan berlangsung membuat siswa tertib. Sedangkan Faktor penghambat: Latar belakang siswa yang berbeda sehingga berbeda juga dalam membina akhlak siswa dan Kantin tetap melayani saat kegiatan berlangsung sehingga ada siswa yang tetap berkunjung ke kantin.
Kata Kunci : Pembinaan, Akhlakul Karimah, Kegiatan Keagamaan. | en_US |