dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberagaman agama yang dianut oleh peserta didik SMP Kartika IV-8 Malang sehingga memerlukan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang berjalannya multikulturalisme beragama. Dengan ini diketahui bahwa tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi, tahapan implementasi, dan dampak yang diberikan oleh kepemimpinan kepala sekolah saat menerapkan multikulturalisme beragama di SMP Kartika IV-8 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Sumber data diambil dari data primer dan data skunder. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat tiga tahapan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam menerapkan multikulturalisme beragama antara lain: membuat perencanaan kebijakan dan program kerja, membentuk struktur organisasi sekolah dan penanggung jawabnya, serta memberikan pengarahan kepada seluruh dewan guru. adapaun pelaksanaannya akan fokus pada kegaiatan sehari-hari peserta didik di Sekolah. Selain itu dampak yang dihasilkan dengan adanya hal ini antara lain : a. Peserta didik lebih tinggi rasa toleransi dan saling menghargai sesama teman b.Meningkatnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran c.Meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan d.Tumbuhnya jiwa sosial dan kerjasama antar peserta didik.
Adapun saran dari penelitian ini yaitu dapat memberikan tambahan wawasan ilmu pengetahuan, selain itu dapat dijadikan rujukan atau referensi bagi peneliti berikutnya.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Multikulturalisme, Toleransi. | en_US |