dc.description.abstract | Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk pribadi yang baik, mampu berinteraksi sosial dengan baik, dan memiliki kesadaran moral yang tinggi. Pendidikan karakter yang kuat bertujuan agar individu dapat menghadapi tantangan dalam kehidupan dengan integritas dan sikap yang baik. Pendidikan ialah suatu usaha manusia untuk mengasah dan mengembangkan potensi yang dimilikinya baik secara jasmani maupun rohani. Pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab sangatlah penting untuk diterapkan dalam sekolah. Tujuan dari pembentukan kedisiplinan dan tanggung jawab adalah untuk melatih siswa agar dapat berperilaku baik bagi diri sendiri ataupun orang lain, hal ini merupakan gambaran manusia yang berkarakter utuh/sempurna (insankamil) yang menjadi tujuan akhir Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini, penulis memilih MA Mu’allimat PPTQ Nurul Furqon Kota Malang untuk meneliti bagaimana pendidikan karakter dalam membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik.
Dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan fokus penelitian yakni tentang bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat, bagaimana evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat, pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat, evaluasi pendidikan karakter dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MA Mu’allimat.
Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktifitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan-catatan, buku, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian yang bisa diambil dalam mengembangkan kedisiplinan peserta didik yaitu sebagai perwujudan dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Muallimat.
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter dan Kedisiplin | en_US |