Show simple item record

dc.contributor.authorFatahillah, F. Arif
dc.date.accessioned2024-04-30T04:43:50Z
dc.date.available2024-04-30T04:43:50Z
dc.date.issued2024-02-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9420
dc.description.abstractBahasa Indonesia tidak hanya berkembang pesat di dalam negeri saja, namun peminatan bahasa Indonesia juga sangat pesat di mancanegara. Peminatan bahasa Indonesia dapat dilihat dari banyaknya pengiriman pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ke luar negeri yang dilaksanakan oleh PPSDK Kemendikbud Republik Indonesia. Hal tersebut demi mendukung peraturan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 24 pasal 44 tahun 2009. Salah satu negara dengan peminatan bahasa Indonesia yang cukup tinggi di ASIA adalah Thailand. Secara tidak langsung untuk meningkatkan pemahaman dalam belajar bahasa Indonesia dibutuhkannya bahan ajar yang memadai. Pengadaan bahan ajar tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan pemelajar. Penelitian ini berupaya mengembangakan bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1, yang disesuaikan berdasarkan analisis kebutuhan dari praktisi/pengar BIPA dan pemelajar BIPA Thailand. Tujuan penelitian pengembangan ini secara umum adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa buku penunjang BIPA tingkat pemula level 1 khususnya di Thailand. Adapun tujuan khususnya yakni (1) menjelaskan hasil pengembangan bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1, dan (2) menjelaskan hasil validasi bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1 berdasarkan penilaian ahli dan praktisi. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi prosedur pengembangan Research and Development (R&D) Borg dan Gall. Adapun tahapannya yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji ahli, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk memeroleh data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian pada bahan ajar. Adapun sumber data terdiri atas pengajar BIPA, pemelajar BIPA Thailand, ahli BIPA dan ahli bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang terdiri atas pemaparan data, pemerolehan nilai dan simpulan data.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBahan ajar BIPAen_US
dc.subjectBIPA Thailanden_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Thailand Tingkat Pemula Level 1en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record