View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Thailand Tingkat Pemula Level 1

Thumbnail
View/Open
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.pdf (11.59Mb)
S2_FKIP_22002071009_ARIF FATAHILLAH F.pdf (1.474Mb)
Date
2024-02-07
Author
Fatahillah, F. Arif
Metadata
Show full item record
Abstract
Bahasa Indonesia tidak hanya berkembang pesat di dalam negeri saja, namun peminatan bahasa Indonesia juga sangat pesat di mancanegara. Peminatan bahasa Indonesia dapat dilihat dari banyaknya pengiriman pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ke luar negeri yang dilaksanakan oleh PPSDK Kemendikbud Republik Indonesia. Hal tersebut demi mendukung peraturan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 24 pasal 44 tahun 2009. Salah satu negara dengan peminatan bahasa Indonesia yang cukup tinggi di ASIA adalah Thailand. Secara tidak langsung untuk meningkatkan pemahaman dalam belajar bahasa Indonesia dibutuhkannya bahan ajar yang memadai. Pengadaan bahan ajar tersebut juga harus sesuai dengan kebutuhan pemelajar. Penelitian ini berupaya mengembangakan bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1, yang disesuaikan berdasarkan analisis kebutuhan dari praktisi/pengar BIPA dan pemelajar BIPA Thailand. Tujuan penelitian pengembangan ini secara umum adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa buku penunjang BIPA tingkat pemula level 1 khususnya di Thailand. Adapun tujuan khususnya yakni (1) menjelaskan hasil pengembangan bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1, dan (2) menjelaskan hasil validasi bahan ajar BIPA Thailand tingkat pemula level 1 berdasarkan penilaian ahli dan praktisi. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah adaptasi prosedur pengembangan Research and Development (R&D) Borg dan Gall. Adapun tahapannya yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji ahli, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk memeroleh data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian pada bahan ajar. Adapun sumber data terdiri atas pengajar BIPA, pemelajar BIPA Thailand, ahli BIPA dan ahli bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang terdiri atas pemaparan data, pemerolehan nilai dan simpulan data.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9420
Collections
  • MT - Indonesian Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group